Cara Mengubah Hardisk Menjadi Portabel

Bagi Sobat Aziscs1 yang hobby photography atau hobby mengedit foto mungkin sudah tak terhitung lagi jumlah foto yang kita simpan didalam komputer. Bagi teman-teman yang ingin memiliki hardisk portable Kalian bisa mengikuti cara di bawah ini yaitu mengubah Hardisk internal menjadi hardisk Eksternal atau portable.
Setelah flashdisk menjamur bak buih dilautan dengan berbagai macam ukuran volume dan tingkat kecepatan aksesnya, telah hadir pula harddisk eksternal (harddisk portable) dengan kecepatan akses serta volume yang luar biasa besarnya, ada yang 250 GB dan bahkan ada yang sampai 2 TB ( wow !!!… ). Dari segi kepraktisan jangan ditanya lagi, kita bisa membawa beribu-ribu file kemana-mana hanya dalam satu HD. Untuk bisa memiliki harddisk eksternal tersebut tentunya kita harus merogoh kocek lebih dalam karena memang harganya lebih mahal (tergantung merek juga sih ...). Untuk masalah harga silahkan cek sendiri di toko computer kesayangan anda. Pasti akan sangat bervariasi.

Disini saya tidak membahas tentang harddisk eksternal, tetapi akan dibahas bagaimana harddisk internal yang ada pada pc bisa digunakan menjadi harddisk eksternal atau harddisk portable yang bisa dibawa kemana-mana dan dipergunakan tanpa memasangkannya didalam pc, tetapi cukup dengan menggunakan colokan usb. Tentu saja tidak akan menggunakan software apapun, karena tidak ada kaitannya. Pun juga tidak merubah shocket yang ada pada harddisk. Tetapi dengan menggunakan kabel data tambahan, yaitu USB 2.0 TO SATA IDE CABLE atau bisa juga disebut dengan SATA/ IDE CABLE TO USB CONVERTER. Perangkat tambahan ini berfungsi menghubungkan harddisk dari koneksi dengan type sata maupun IDE menjadi koneksi USB. Kabel data ini bisa anda beli di toko-toko computer, yang untuk saat ini (tanggal postingan) harga berkisar kira-kira Rp. 65.000,-. USB 2.0 TO SATA IDE CABLE ini bisa juga digunakan untuk menghubungkan cd / dvd rom dengan computer maupun laptop atau netbook. Hal ini tentunya sangat membantu bagi pengguna netbook / laptop yang tidak terdapat cd/dvd rom-nya untuk melakukan install windows maupun membuka file yang berasal dari keping cd atau dvd.



Nah bagi sahabat yang punya harddisk yang tidak terpakai atau ingin menambah kapasitas volume disk dikomputer, atau kalau sahabat membutuhkan banyak file yang harus dibawa, USB 2.0 TO SATA IDE CABLE bisa menjadi salah satu alternative untuk dicoba.

Saran : dalam menggunakan harddisk eksternal ini hendaknya posisi harddisk dalam keadaan datar dan ditempat yang aman untuk menjaga biar tetap awet.

Anda Ingin Buka usaha Studio Foto atau Cetak Foto Digital ??? inilah yang harus Anda Perlukan, DVD Paket Lengkap Program Studio Foto
Posted by: Azis Grafis Blog azis Grafis Updated at: 8/17/2010