Membuat seleksi dengan Quick Selection

Salah satu tool yang mulai muncul pada Photoshop CS3 adalah Quick Selection Tool. Agak terlambat pembahasan tool ini, karena sekarang Photoshop sudah sampai pada CS5.

Quick Selection Tool adalah sebuah sebuah tool pembuatan seleksi yang saya sebut instan (sekali klik terjadi sebuah seleksi). Tool ini merupakan sebuah kombinasi antara Magic Wand dengan penggunaan brush. Sama-sama bisa mampu memilih sendiri area warna, namun lebih mampu dibatasi perbatasan area yang diseleksi jika dibandingkan dengan Magic Wand.

Tool seleksi ini bisa dipilih dari tool box, menjadi satu dengan Magic Wand.



Untuk membuat seleksi, tool ini tinggal diklik / klik dan geser pada area yang akan diseleksi. Sebagai contoh, pada gambar dibawah ini, Quick Selection Tool di klik pada bagian baju satu kali. Dan hasilnya adalah seleksi menyebar di sekitar area yang diklik, namun berhenti pada perbatasan baju dengan latar belakang.



Untuk melakukan pengaturan tool ini bisa dilakukan pada option bar.



Sample All layers akan bermanfaat jika yang akan diseleksi lebih dari satu layer.

Pilihan Auto-Enhance digunakan untuk membuat tepian seleksi yang lebih halus, saya anjurkan untuk selalu mengaktifkan pilihannya.

Tombol Refine Edge digunakan untuk melakukan pengaturan ulang hasil seleksi, dulu pernah saya tulis tentang ini di halaman yang ini.

Bisa disebut tool ini sangat praktis penggunaannya, mudah dan cepat (sesuai namanya Quick Selection). Tapi bagaimanapun sampai sekarang saya masih beranggapan kalau path dan channel masih lebih akurat untuk membuat seleksi atau memotong-motong gambar.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Membuat seleksi dengan Quick Selection"

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!