Pahlawanku Pangeran Antasari

Poster Pangeran Antasariwww.aziscs1.com - Berhubung hari ini dalam suasana Hari Pahlawan jadi biar sedikit ada rasa Nasionalisnya Kali ini saya akan memposting tentang Salah satu Pahlawan dari Kalimantan Selatan yaitu Pangeran Antasari. Siapakah Pangeran Antasari ? . Kalau kita bertanya hal tersebut, Kebanyakan anak muda zaman sekarang pasti menunjuk salah satu jalan . Tapi adakah yang mengenalnya ? Biasanya anak muda sekarang lebih tahu tentang artis atau penyanyi atau petinju. Siapa yang tidak kenal dengan marie curie , atau joe frazier Petinju petinju seangkatan dengan muhammad ali. atau Siapa yang tidak kenal dengan justin bieber Pasti semuanya sudah mengenalnya .

Pangeran Antasari bin Pangeran Mas’ud bin Sultan Amir bin Sultan Muhammad Aliuddin Aminullah, lahir tahun 1809, ibunya bernama Gusti Hadijah binti Sultan Sulaiman. Ia adalah keluarga Kesultanan Banjarmasin, tetapi hidup dan dibesarkan di luar lingkungan istana, yakni di Antasan Senor, Martapura. Kericuhan-kericuhan yang terjadi di kalangan penguasa kesultanan, menjadikan cicit dari Sultan Aminullah ini tersisih, walaupun ia sebenarnya pewaris pula atas tahta Kesultanan Banjar.

Sebagai seorang pangeran, ia merasa prihatin menyaksikan kesultanan Banjar yang ricuh karena campur tangan Belanda pada kesultanan semakin besar. Gerakan-gerakan rakyat timbul di pedalaman Banjar. Pangeran Antasari diutus menyelidiki gerakan-gerakan rakyat yang sedang bergolak. Dengan adanya tugas tersebut makan terbukalah kesempatan untuk dapat berhubungan dengan pemimpin-pemimpin gerakan rakyat yang siap memberontak. Ia bahkan berhasil memperoleh kepercayaan rakyat dan dipilih sebagai pimpinan pemberontakan.


Komplek Makam Pangeran Antasari terletak di kelurahan antasan kecil timur, kecamatan banjarmasin utara, Kota Banjarmasin. Untuk memasuki komplek ini, pengunjung diharuskan meminta ijin terlebih dahulu kepada pemegang kunci komplek. Komplek Makam Pangeran Antasari ramai menjelang Hari Pahlawan atau untuk memperingati wafatnya Pangeran Antasari.


Sejarah Pangeran Antasari
Makam Pangeran Antasari ada di tengah pemakaman umum dekat masjid Jami’, masjid tertua kedua di Banjarmasin. Di atas makamnya dibuat rumah yang tidak terlalu besar, di dalam rumah itu ada 5 makam. Makam Pangeran Antasari ada di sebelah kiri pintu masuk, diberi pagar. Di sebelah kanan pintu masuk adalah makam panglima Batur, pejuang kelahiran Buntok Baru, Barito Utara, tahun 1852. Ia adalah seorang panglima suku Dayak yang telah masuk Islam. Di perang Barito sebagai kelanjutan perang Banjar, panglima Batur merupakan panglima setia masa sultan Muhammad Seman.

Pangeran Antasari meninggal 11 Oktober 1862. Pemerintahpun menghargai jasa-jasa dan perjuangannya dengan gelar Pahlawan Kemerdekaan. dalam usia 53 tahun.


Makam berikutnya adalah makam Hasanuddin HM (Hasanuddin bin Haji Madjedi), pahlawan Ampera di Kalsel. Ia mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang meninggal tahun 1966. Makam berikutnya adalah makam Ratu Antasari, istri Pangeran Antasari. Satu lagi adalah makam Ratu Zulaiha, puteri Sultan Muhammad Seman.

Sejarah Pangeran Antasari

Pangeran Antasari juga memiliki keahlian dalam siasat perang gerilya serta mampu memimpin pasukan di daerah-daerah yang luas lagi pula sukar didiami manusia. Ia adalah pemimpin yang ulet, tabah dan berwibawa serta memiliki kekuatan batin untuk mengikat para pengikutnya kepada tujuan yang mulia. Ia pun juga seorang pemimpin yang tidak mementingkan diri sendiri.

Jika Pangeran Antasari selalu menekankan bahwa "Haram Menyerah" kepada musuh, maka semestinya ini bisa kita jadikan pencerahan untuk diri kita. Bisa saja kita menyemangati diri kita dengan semangat "Haram Menyerah" kepada kemiskinan, ketidak adilan atau apa saja yang hendak kita capai! Terkadang dengan kata semangat dan keingin dari diri sendiri, bukan mustahil ini bisa menjadi penambah kekuatan untuk diri kita dalam menggapai apa yang kita inginkan-dalam arti tujuan yang mulia tentunya !!!

Ohya hampir lupa sekarang ini juga ada satu pahlawan lagi yaitu Para pahlawan yang berjuang dibidang Olahraga, sekarang inikan Indonesia menjadi tuan rumah sea games. Semoga mareka dapat mengharumkan Nama Indonesia.

Disini juga saya akan membagikan Poster Pangeran Antasari berupa File Jpeg yang bisa sobat aziscs1 cetak seukuran poster. Untuk contoh posternya seperti gambar di atas.

Download Poster Pangeran Antasari


Kata kunci : gambar-gambar aneh antasari , Wallpaper Pahlawan Nasional, poster Pahlawan, Ayah Pangeran antasari, Ibu Antasari, Saudara Pangeran Antasari, Keluarga pahlawan, Nama-nama pahlawan, Alamat makam pahlawan, Pahlawan dari Kalimantan Selatan, Pahlawan Nasional yang berasal dari Kalimantan, Keturunan Pahlawan, Pahlawan Tanpa tanda jasa, Kumpulan Poster pahlawan, gambar pahlawan pejuang kemerdekaan, Tanggal berapa hari Pahlawan, November 2011, Wallpaper pahlawan pembela tanah air, Sejarah pahlawan di berbagai daerah Indonesia, Jalan Antasari.

Subscribe to receive free email updates: