Bagaimana Cara menghasilkan Uang Dari Fotografi

www.aziscs1.com - How to make money with photography? “Bagaimana cara untuk mendapatkan penghasilan dari fotografi?” Penghasilan dari fotografi? Apakah bisa? Bagaimana caranya? Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sering muncul dalam benak kita dan membuat kita semakin bertanya-tanya, apakah mungkin menghasilkan sesuatu dari dunia yang berisikan hal-hal yang berbau hobi, seni dan bahkan teknis yang begitu rumit dalam penjabarannya?

Ada berbagai macam jenis usaha di bidang fotografi Seperti Buka Studio foto, fotografer Wedding dan juga salah satunya adalah bisnis jual beli foto (stock foto). Usaha ini adalah usaha yang bergerak dalam bidang jual beli foto, dimana terdapat agen dan photographer di dalamnya. Agen adalah suatu wadah bagi para photografer untuk dapat menerima berbagai macam foto dari mereka dengan kriteria-kriteria tertentu, untuk kemudian memajang atau menjual hasil karya mereka dengan pembagian hasil sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

Sedangkan photografer adalah pihak yang memiliki hak cipta penuh terhadap foto yang akan dipublikasikan atau dijual secara online, juga dengan kriteria dan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pihak agen foto. Kelihatannya mudah bukan? Tapi yang berlaku saat ini adalah, pihak agen biasanya menerapkan peraturan-peraturan yang sangat ketat terhadap hasil foto yang akan mereka terima/jual.

Syarat-syarat yang diajukan pihak agen mungkin bisa saja menyulitkan seorang fotografer pemula untuk dapat menjual karyanya kepada mereka. Ada sebagian agen yang menerapkan sistem pembayaran bagi keanggotaan situs online mereka, ada juga yang mengharuskan kualitas sempurna untuk hasil foto yang akan dipublikasikan serta syarat dan ketentuan lain yang memang benar-benar ditujukan bagi fotografer-fotografer profesional. Lantas bagaimana dengan Anda yang mungkin baru belajar fotografi atau pemula yang ingin mempublikasikan dan menjual karya Anda?

Ada satu tips yang mungkin berguna bagi Anda untuk menekuni bisnis jual beli foto secara online. Anda dapat mencoba dan mengunjungi sebuah situs yang bernama www. microstockphotography.com . Microstock Photography adalah sebuah nama industri yang bergerak dalam jual beli foto dalam skala kecil dan ditujukan untuk penggunaan bisnis pribadi. Dalam bisnis industri jual beli foto skala besar, biasanya buyer dikenakan biaya ratusan dolar untuk penggunaan foto secara terbatas, tapi dengan adanya Microstock ini maka hal tersebut dapat dihindari. Microstock juga telah membuka pintu lebar-lebar bagi para fotografer pemula untuk mencoba memasuki industri jual beli foto secara online dan memulai untuk mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan dari aktifitas ini. Dalam Microstock Anda dapat terlibat diskusi dalam forum antar sesama fotografer yang sama-sama memiliki minat dalam hal jual beli foto, Anda juga dapat melihat tips dan saran yang diberikan bagi Anda untuk dapat menjual foto secara online pada situs-situs yang memang telah direkomendasikan oleh Microstock.

How Does It Work?

Untuk menghasilkan pendapatan melalui Microstock Agencies cukup mudah dan sangat simpel:

  • Microstock memiliki beberapa lembaga penelitian fotografi secara online, mungkin nantinya Anda dapat memulainya dengan memilih satu atau dua lembaga yang menurut Anda bagus.
  • Anda dapat memulai dengan memilih beberapa gambar terbaik yang Anda miliki dan segera kirimkan. Beberapa lembaga biasanya meminta Anda untuk mengirimkan minimal 10 foto untuk diperiksa ketika Anda mendaftar account mereka, ada juga yang mensyaratkan hanya 3 gambar saja untuk pertama kalinya. Tapi kebanyakan dari mereka tidak mengharuskan persyaratan apapun, Anda hanya diminta untuk mengirimkan hanya 1 gambar saja.
  • Gambar Anda akan dikoreksi dan akan segera mendapatkan pemberitahuan mengenai diterima atau tidaknya gambar tersebut melalui Microstock. Jika mereka menerima, maka akan tersedia clien yang bersedia untuk membeli.

Secara teknis, mereka tidak sepenuhnya membeli foto Anda, mereka hanya membeli lisensi terhadap karya Anda untuk penggunaan khusus. Biasanya Microstock Photography menggunakannya untuk website, meskipun kadang-kadang digunakan juga untuk iklan, brosur dan materi pemasaran lainnya. Anda dapat mempertahankan hak cipta penuh terhadap gambar yang Anda miliki dan berhak untuk menjual foto/gambar yang sama berulang kali terhadap klien yang berbeda-beda.

Inilah seninya bisnis stock photography, Anda dapat mengambil gambar/foto yang hebat dan portofolio Anda diterima oleh agency stock, untuk kemudian dapat dijual terus menerus dan dapat terus menghasilkan pendapatan bagi Anda!

Microstock membayar $ 0.20 – $ 0.50 per lisensi gambar atau download. Hal ini mungkin memang terlihat sangat kecil bagi sebagian fotografer, namun jika Anda dapat meng-upload beberapa ratus gambar untuk dijual tentunya akan menjadi pendapatan yang cukup lumayan bukan?

Sekarang bagaimana dengan Anda? Apakah sudah siap untuk menjual karya-karya Anda yang sudah lama tersimpan dan menurut Anda memiliki nilai jual yang tinggi? Mungkin tidak ada salahnya jika Anda mencoba memulai menjual karya Anda dari sekarang. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Bagaimana Cara menghasilkan Uang Dari Fotografi"

  1. nice infonya gan.... manstab.... abis.....

    ReplyDelete
  2. mantap gan,,masih belajar

    ReplyDelete
  3. tapi ane masih agak bingung,,bagaimana jika seseorang sudah membeli dan mendownload foto kita kemudian diupload kembali,kan nanti banyak downloader yang tidak membayar alias foto kita jadi barang bajakan..bukankah penghasilan kita terhenti sampai disitu?

    sekalian barangkali minat

    jaket motor
    jaket anti bara
    Kaos Couple
    Jaket Bola
    Jersey Grade Ori
    jaket kulit

    dan mampir juga

    kabar netter
    Unik
    asal sejarah
    asal usul
    keren

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!