Cara Mendapatkan Penghasilan dari Hobi Fotografi

Fotografer banjar
Cara Mendapatkan Penghasilan dari Hobi Fotografi - Kegiatan fotografi merupakan kegiatan yang bisa dibilang sebagai kegiatan yang seru. Dengan memfoto pemandangan maupun objek, kita mampu mendapat kepuasan tersendiri. Bahkan siapa sangka dari sebuah foto yang Sobat aziscs1 dapatkan Sobat aziscs1 bisa menghasilkan pendapatan yang jumlahnya tidak sedikit. 

Jerry Aurum contohnya. Dia adalah seorang fotografer yang berhasil sukses dengan menjual karyanya ke beberapa perusahaan besar dan pada akhirnya dia berhasil mencetak keuntungan pertamanya saat dia dikontrak oleh perusahaan bidang perminyakan dengan nilai kontrak sebesar 45 juta rupiah. Saat ini dia merupakan fotografer kelas premium yang juga telah menangani beberapa klien kelas kakap seperti artis dan beberapa tokoh besar di Indonesia.

Untuk Sobat aziscs1 yang sangat hobi di bidang fotografi dan berniat untuk mencari penghasilan dari bidang yang Sobat aziscs1 geluti, Sobat aziscs1 bisa mencari inspirasi dari beberapa tips berikut ini: 

1. Foto yang Bagus Memerlukan Latihan yang Konstan
Sobat aziscs1 mungkin sudah sering melihat di beberapa media tentang bagaimana luar biasanya hasil foto dari beberapa fotografer ternama. Yang tidak Sobat aziscs1 pahami adalah mereka bisa mendapatkan kualitas foto tersebut tentunya karena mereka sudah memiliki jam terbang yang tinggi sebagai fotografer. Pengalaman itu lebih penting karena seandainya Sobat aziscs1 memiliki teknik yang mumpuni dalam bidang fotografi belum tentu hasilnya sama dengan orang yang sudah bertahun-tahun bergelut dalam bidang ini. Untuk itu seringlah berlatih untuk mengasah bakat fotografi yang Sobat aziscs1 miliki. 

2. Portofolio Itu Sangat Penting
Portofolio dalam bidang fotografi nilainya sama dengan CV yang Sobat aziscs1 miliki. Sobat aziscs1 bisa membuat portofolio dari beberapa projek yang pernah Sobat aziscs1 lakukan. Sobat aziscs1 tidak perlu malu untuk menunjukkan hasil foto yang Sobat aziscs1 miliki asal foto tersebut adalah hasil foto dari sebuah projek dan bukan foto yang diambil hanya untuk kebutuhan pribadi. Dengan portofolio yang Sobat aziscs1 miliki, maka Sobat aziscs1 akan memiliki "nilai jual" lebih kepada calon klien Sobat aziscs1 nantinya. 

3. Sobat aziscs1 Bisa Jual Foto Secara Online
Bagi Sobat aziscs1 fotografer yang belum memiliki nama dan membutuhkan penghasilan yang cepat, Sobat aziscs1 bisa menjual karya fotografi Sobat aziscs1 di beberapa situs seperti Bigstock, Fotolia, iStock, dan yang lainnya. Biasanya, untuk hal pembayaran dari beberapa situs tersebut mereka melakukannya dengan sistem royalti, yaitu Sobat aziscs1 akan mendapatkan uang beberapa persen dari hasil download orang-orang yang tertarik dengan karya Sobat aziscs1

4. Tidak Menjual Foto Mentah
Maksudnya adalah Sobat aziscs1 menjual foto yang digabung dengan barang lainnya seperti kalender atau barang sejenis yang bisa dipajang foto. Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa Jerry Aurum memulai karir fotografinya dengan memajang fotonya bersama kalender lalu menjualnya ke beberapa tempat, termasuk ke perusahaan besar dan pada akhirnya dia pun mendapatkan proyek yang pada akhirnya berhasil melambungkan namanya. 

5. Fotografer Dokumentasi Bisa Menjadi Alternatif Penghasilan Untuk Sobat aziscs1
Jika ada kenalan atau saudara Sobat aziscs1 yang memiliki sebuah event organizer, maka tidak ada salahnya Sobat aziscs1 menawarkan keahlian Sobat aziscs1 untuk memotret semua kegiatan event yang berlangsung. Tentunya dalam suatu acara, tidak hanya diperlukan dokumentasi video untuk merekam semua kegiatan yang berlangsung dalam suatu acara melainkan juga foto. Celah tersebut bisa Sobat aziscs1 manfaatkan untuk memperoleh keuntungan berkarir di bidang fotografi. 

6. Menjadi Tutor Private untuk Fotografi
Dalam fotografi, diperlukan beberapa teknik dan pengerjaan yang tidak asal-asalan untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas. Tentunya fotografi professional sangat berbeda dengan foto pribadi. Untuk itu Sobat aziscs1 bisa memanfaatkannya dengan menjadi pengajar bagi beberapa fotografer yang belum berpengalaman. Untuk menjadi tutor fotografi sangatlah mudah karena Sobat aziscs1 hanya perlu mempromosikan jasa tutor lewat online melalui beberapa sosial media. Atau lebih bagus lagi jika Sobat aziscs1 langsung menawarkan jasa Sobat aziscs1 ke orang-orang terdekat Sobat aziscs1 atau beberapa komunitas tertentu. 

Tentunya selain mendapatkan penghasilan Sobat aziscs1 juga secara tidak langsung telah ikut mengembangkan dunia fotografi menjadi lebih baik lagi.

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/09/30/320/1502733/beberapa-cara-menghasilkan-pendapatan-dari-hobi-fotografi

Subscribe to receive free email updates: