Pintu Baja Sebagai Pengganti Pintu Kayu

Pintu Baja Sebagai Pengganti Pintu Kayu
Pintu adalah salah satu bagian yang tak akan dapat terlepas dari sebuah rumah maupun bangunan. Dulu pintu identik dengan menggunakan material kayu. Sejak material kayu mulai sulit dicari terutama yang memiliki kualitas yang bagus dan aplikasi untuk daerah basah, pemilihan material beralih kepada material plastik. Kelemahan dari plastik adalah ketahanan material yang sangat kurang dibanding material kayu. Selain ketahanan bahan, pemilihan engsel dan handle pintu juga menjadi kendala jika memilih bahan plastik karena dari segi artistik, tidak dapat dipergunakan di tempat lain selain di kamar mandi.

Untuk pemasangan sebagai pintu utama rumah maupun pintu kamar tidur dan lainnya, selama ini masih tergantung kepada pintu kayu karena dari segi estetika dan ketahanan bahan. Tetapi dengan semakin langkanya bahan kayu yang berkualitas, material baja menjadi pilihan.

Pintu baja telah mulai diproduksi oleh pabrikan lokal maupun import. Walaupun demikian, pada umumnya pintu baja umumnya menggunakan plat baja dengan ketebalan 0.5mm - 0.9mm. Teknik pembuatan pintu baja umumnya menggunakan teknik press plat baja. Hal ini untuk menghindari defect bentuk karena pengelasan berlebihan di sudut ornamen. Setelah di press dan di lakukan pengelasan di bagian penulangan atau reinforcement, baja akan melalui proses pencelupan zat anti karat terlebih dahulu. Treatment awal ini diperlukan sebagai lapisan pelindung.

Setelah melalui treatment awal ini, plat baja akan melalui proses pengecatan. Proses pengecatan dilakukan dengan metode powder coating. Metode ini memungkinkan motif urat kayu diaplikasikan dan pengecatan juga dapat tahan lebih lama. Setelah powder atau tepung dibakar dan selesai diaplikasikan, lapisan laminating kemudian diaplikasikan untuk mendapatkan tekstur kayu saat disentuh.

Pintu baja yang telah melewati proses secara benar tentunya memiliki keawetan yang lebih lama dibanding dengan penggunaan pintu kayu. Kecuali pintu kayu menggunakan material kayu yang benar benar berkualitas dan melalui langkah langkah pengawetan kayu yang teruji. Walaupun demikian, ada beberapa kelemahan pintu baja selain dari harganya yang lebih mahal, yaitu teknik pemasangan. Pintu baja harus menggunakan engsel khusus dan menggunakan lebih banyak engsel dikarenakan berat yang harus dipikul memang lebih berat dibanding pintu kayu pada umumnya.

Keunggulan pintu baja lainnya selain dari segi ketahanan, pintu baja dapat diaplikasikan hampir disemua lokasi. Termasuk pemasangan di bagian depan rumah hingga pemasangan untuk area kamar mandi maupun powder room. Dimensi pintu baja juga cukup variatif. Hal ini memungkinkan kita mendapatkan lebih banyak pilihan. Seperti kita ketahui, dimensi pintu erat kaitannya dengan lokasi dan tujuan pengaplikasian pintu di rumah.

Pemilihan pintu baja mungkin masih cukup asing dikarenakan harga yang cukup tinggi dan aksesoris yang cukup mahal juga. Begitu juga halnya dengan pemasangan yang memerlukan penanganan yang berbeda dengan pintu kayu biasa karena beban pintu. Tetapi jika dibandingkan dengan faktor ketahanan pintu baja, maka dapat dikatakan cukup ekonomis dan sepadan. Selain itu, pada umumnya para penjual berani memberikan garansi karena keawetan pintu. Maintenance yang cukup mudah yaitu hanya perlu dilap dengan kain lembab dan kualitas bahan memberikan keyakinan kepada calon pembeli bahwa pintu baja merupakan pilihan jangka panjang yang tepat. 

Bagaimana? Sudah terinspirasi untuk mengganti pintu kayu di rumah anda menjadi pintu baja? Indotrading.com adalah solusi dan pilihan yang tepat untuk mencari ratusan supplier pintu di indonesia. Sebagai direktori bisnis terbesar di Indonesia saat ini, Indotrading.com tidak hanya memiliki ratusan supplier tetapi juga memiliki fitur permintaan penawaran yang membantu anda mendapatkan harga penawaran terbaik untuk kebutuhan pintu di Indotrading.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pintu Baja Sebagai Pengganti Pintu Kayu"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!