3 Hal penyebab foto kabur ,buram atau tidak fokus

3 Hal penyebab foto kabur ,buram atau tidak fokus
3 Hal penyebab foto kabur ,buram atau tidak fokus - Setiap orang pasti pernah mengalami hasil fotonya buram (kabur, tidak fokus) termasuk sobat aziscs1 pasti pernah mengalaminya juga, kadang kala hal ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan seberapa baik Anda dalam mengambil gambar.
Lalu bagaimana cara menghindari hasil foto buram? Cara terbaik adalah mengetahui penyebab utama foto buram.


Ada 3 sebab utama foto buram :

Fokus

Penyebab utama foto buram adalah masalah fokus. Hal ini terjadi dalam beberapa cara. Yang paling umum adalah bahwa fotografer kurang akurat saat fokus kamera atau pemakaian auto-fokus yang salah memilih bagian dari gambar.
Cara mengatasinya cukup mudah, teliti kembali apakah titik fokus lensa yang Anda bidik tepat dengan objek utama dari foto. Jika tidak, maka Anda harus tetap mengatur fokus sampai Anda mendapatkan gambar seperti yang Anda inginkan.

Motion Blur

Menangkap objek yang bergerak cepat dalam foto, bisa menjadi suatu tantangan. Motion blur akan nampak jelas dengan memiliki fokus utama (objek) diam dalam frame, tetapi subjek kabur. Untungnya efek motion blur dalam suatu foto mudah dihindari, jika kita mengerti tentang pengaturan kecepatan shutter kamera. Sehingga untuk foto yang menampilkan objek diam dan subjek yang bergerak, kita hanya perlu lebih teliti dalam pengaturan shutter kamera. Jangan lupa juga bahwa semakin cepat shutter kamera, maka akan semakin sedikit cahaya yang terekam oleh kamera.

Kamera Bergerak (Goyang)

Kamera yang bergerak saat pemotretan juga merupakan sebab utama foto buram. Kejadian ini juga dapat diatasi dengan mudah, sekali lagi, pengaturan shutter kamera sangat berpengaruh. Jika Anda akan menggunakan shutter lambat, maka pastikan Anda menggunakan tripod untuk menghindari goncangan kamera. Dan last but not least, Anda juga dapat menggunakan kabel rilis / remote untuk membantu menghilangkan gerakan kamera.

Itulah Tips Agar foto Tidak kabur ,buram dan fokus

Sumber : http://forum.ideaonline.co.id

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "3 Hal penyebab foto kabur ,buram atau tidak fokus"

  1. thanks share nya gan..tanya gan :apakah memakai monopod bisa memimalisir shake pada gambar ??? thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Betul Bro, cuman lebih bagus lagi kalo pake tripod

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!