Penjelasan Fungsi Tombol AF-ON Pada Kamera

Bagi Sobat aziscs1 yang berprofesi sebagai Fotografer baik itu yang profesional ataupun yang masih pemula pasti ada yang mempunyai kamera DSLR yang agak canggih seperti Nikon D300, Canon 60D, Nikon D7000 atau lebih canggih lagi, pasti punya tombol AF-ON yang terletak di bagian belakang kamera. Bagi Sobat aziscs1 yang masih belum tahu fungsi tombol itu sekarang saya akan menjelaskan kegunaan dari tombol AF-ON ini.


Penjelasan Fungsi Tombol AF-ON Pada Kamera
AF-ON fungsinya sama seperti menekan setengah tombol jepret (shutter) yaitu untuk mengunci fokus. Tapi kenapa tombol ini diperlukan? bukannya tinggal menekan setengah tombol jepret untuk fokus saja sudah cukup? Lalu apa guna AF-ON sebenarnya?

Bila kita mengunakan AF-ON untuk fokus. Maka kita bisa memisahkan antara mekanisme auto fokus dengan pengambilan gambar (eksposur).

Manfaat mengunakan tombol AF-ON untuk auto fokus antara lain:

  • Bisa mengunci fokus hanya saat kita mau saja. Misalnya saat kita mau manual fokus, kita tidak perlu bolak balik mematikan fungsi auto fokus.
  • Lebih mudah ketika fokus dan recompose. Kita bisa menekan AF-ON sekali untuk mengunci fokus kemudian kita bisa lepas tombolnya dan recompose (menggeser posisi kamera & lensa) untuk mengubah komposisi foto. Jadi tidak usah menahan tombol jepret saat recompose. Hasil metode ini pun lebih akurat.
  • Dengan menekan AF-ON terus menerus, kita bisa mengikuti subjek foto yang bergerak seperti foto olahraga atau satwa liar dan kemudian mengambil gambar dengan tombol jepret sambil terus mengikuti subjek foto. Di cara yang tradisional, setiap kita usai mengambil foto, auto fokus sudah tidak aktif dan tidak mengikuti subjek foto lagi.

Karena kelebihan itu, AF-ON banyak digunakan fotografer yang berpengalaman, terutama yang berspesialisasi dalam foto olahraga atau satwa liar.

NB:
  1. Sewaktu mengunakan AF-ON untuk fokus, jangan lupa mematikan fungsi auto fokus saat menekan tombol jepret (cari di menu kamera masing-masing).
  2. Untuk yang kamera DSLRnya ga ada AF-ON mungkin bisa program tombol lain seperti * (pada Canon) atau A-EL/AF-L untuk menjadi tombol AF-ON.


Anda Ingin Buka usaha Studio Foto atau Cetak Foto Digital ??? inilah yang harus Anda Perlukan, DVD Paket Lengkap Program Studio Foto
Posted by: Azis Grafis Blog azis Grafis Updated at: 9/15/2011