Bagaimana Menyesuaikan Depth of field ( DOF) Di Photoshop

www.aziscs1.com - Depth of field atau sering disingkat menjadi DOF merupakan salah satu teknik fotgrafi yang paling dasar. Kalau dalam kamus bahasa Indonesia berarti kedalaman ruang sedangkan pekertian dalam fotografi adalah jumlah jarak antara subjek yang paling dekat dan yang paling jauh yang dapat muncul di fokus tajam sebuah foto. Jadi objek yang terdekat dengan kamera akan terlihat tajam dan bagian belakang objek akan tampak blur.

Setiap foto memiliki kedalaman ( depth ) yang terbagi atas foreground ( depan ) dan background ( belakang ). Fokus pada lensa kamera dapat dikendalikan atau diarahkan pada objek tertentu. Pengendalian Depth of Field berguna untuk membatasi fokus pada foto dan lebih memberi kesan hidup pada foto.

Tutorial
ini adalah untuk membantu Anda mempelajari bagaimana untuk menyesuaikan kedalaman lapangan untuk foto apapun. Untuk melakukan hal ini biasanya Anda harus tahu apa aperture untuk digunakan pada kamera. Tetapi dengan tutorial ini Sobat hanya perlu mengikuti langkah berikut ini di photoshop :

  1. Duplikat layer sehingga menjadi dua layer (Layer> Duplicate Layer)
  2. Pada lapisan atas (dengan layer atas dipilih) gunakankan Filter Gaussian Blur (Filter> Blur> Gaussian Blur). Set Radius ke suatu tempat sekitar 14,7 piksel. Hal ini mungkin bervariasi sesuai dengan intensitas yang Anda inginkan.Tutorial photoshop Depth of field ( DOF)
  3. Kemudian pilih layer atas, dan tambahkan Reveal All Layer Mask untuk itu (Layer> Layer Mask Tambah> Reveal All).
  4. Kemudian pilih Brush Tool (B) dan pilih kuas besar, lembut
  5. Kemudian (dengan layer mask dipilih) gosok menggunakan Brush warna hitam di mana saja pada foto di mana Anda ingin dihilangkan blurnya atau terlihat focus.Cara mebuat efek Depth of field ( DOF) di photoshp
Atur opacity dari Brush yang Anda gunakan. Dengan mengubah opacity Anda dapat membuat efek kedalaman rendah lapangan terlihat lebih realistis. Untuk foto ini Anda dapat melihat di mana saya menurunkan opacity saat aku mengusap ke bagian belakang mobil sehingga gaussian blur hanya sebagian terhapus di beberapa daerah.

Tutorial Depth of field ( DOF) di photoshop

Kalo menggunakan Kamera Sebenarnya ada beberapa teknik dari Depth of field ( DOF) ini Yaitu :
  • DOF pendek dengan fokus pada foreground
  • DOF pendek dengan fokus pada background
  • DOF panjang / dalam, dengan fokus pada foreground dan background
Untuk contoh foto dari Teknik Depth of field tersebut Sobat bisa cari di google dengan kata kuci Depth of field.

Semoga bermanfaat Tutorial Depth of field ( DOF) ini.

Sumber : http://www.picturecorrect.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Menyesuaikan Depth of field ( DOF) Di Photoshop"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!