Tips Mengikuti Kompetesi atau Lomba Fotografi

Cara agar menang Lomba Fotowww.aziscs1.com - Bagi Sobat aziscs1 yang hobby Fotografi pasti Kalian pernah mengikuti sebuah kompetisi fotografi, Apakah Sobat aziscs1 pernah menang atau mendapatkan sebuah penghargaan dari kompetisi yang Anda ikuti tersebut? Atau Sobat merasa putus asa karena sering mengikuti kompetisi fotografi tapi belum pernah menang sama sekali? Ikuti tips sederhana di bawah ini, agar foto-foto yang Anda hasilkan berkualitas photo competition!

Menjuarai sebuah kompetisi atau mendapatkan sebuah tempat yang layak dalam kompetisi merupakan pendorong moral yang sangat tinggi bagi seorang fotografer. Bagi sebagian fotografer, mengikuti sebuah kompetisi dan berhasil memenangkannya merupakan sebuah jembatan sukses bagi karir mereka. Memasuki dan memenangkan sebuah kompetisi fotografi dapat menjadi bisnis yang sangat menguntungkan jika Anda menganggapnya serius. Banyak penyelenggara kompetisi seperti lembaga-lembaga, majalah dan perusahaan-perusahaan besar memberikan hadiah-hadiah yang cukup besar bagi pemenangnya. Anda pasti tertarik untuk mengikutinya dan berusaha untuk menghasilkan karya terbaik agar dapat diterima dan memenangkannya.

Agar dapat bersaing dan mungkin memenangkan sebuah kompetisi fotografi, Anda dapat mengikuti beberapa tips sederhana di bawah ini:

  1. Ikuti syarat dan prasyarat yang ditetapkan oleh penyelenggara sebuah kompetisi fotografi. Baca dengan teliti dan pahami benar semua ketentuan yang berlaku, akan menjadi sia-sia jika Anda mengabaikan syarat-syarat yang telah ditetapkan.
  2. Kirimkan hasil foto yang asli dan original dan bukan merupakan karya orang lain ataupun meniru konsep yang sudah ada. Karya terbaik dan merupakan sebuah konsep yang berasal dari pengamatan dan pengalaman Anda merupakan poin terpenting dalam penilaian sebuah kontes fotografi.
  3. Ikuti kontes fotografi yang memang benar-benar memberikan sebuah tantangan bagi Anda, baik dari segi tingkat kesulitan ataupun dari hadiah yang disediakan, sehingga akan memberikan dorongan yang lebih tinggi lagi untuk menghasilakan karya terbaik Anda.
  4. Gunakan pengalaman terbaik Anda dalam menangkap warna, bentuk dan ekspresi dari objek yang Anda bidik.
  5. Gambar yang Anda hasilkan harus memiliki tujuan dan makna yang jelas, apa yang ingin Anda sampaikan dalam bentuk gambar harus benar-benar dapat diwujudkan dan dirasakan oleh setiap orang yang melihat gambar Anda.
  6. Jangan berhenti dengan hanya mengikuti satu atau dua kompetisi saja. Bergabunglah dengan beberapa kompetisi yang sering diadakan oleh beberapa majalah fotografi terkemuka, sehingga Anda dapat mengevaluasi sejauh mana kekurangan pada hasil foto Anda. Dan yang terpenting teruslah belajar dari kekurangan tersebut sehingga menghasilkan karya yang benar-benar baik dan bermutu.
  7. Anda dapat mengikuti berbagai macam kompetisi, tetapi jangan lupakan kompetisi-kompetisi yang sering diadakan oleh majalah atau lembaga-lembaga yang tidak termasuk dalam katagori non fotografi. Anda jangan merasa karena standar yang diterapkan cenderung lebih rendah sehingga Anda merasa tidak perlu untuk mengikutinya, tapi Anda harus lebih yakin mengikutinya karena saingan yang ada biasanya justru sedikit sehingga kemungkinan Anda memenangkan kompetisi tersebut lebih terbuka lebar.
  8. Dan yang terakhir, jangan berputus asa! Belajar dan belajar terus. Kalah ataupun menang bukan merupakan tujuan utama Anda, tetapi lebih daripada menghasilkan karya bermutu dan original merupakan poin terpenting dari perjalanan hidup seorang fotografer.

Saya juga masih belajar mendalami ilmu fotografi dan Mudah-mudahan tips yang sederhana ini dapat lebih meningkatkan motivasi Sobat dalam berkarya dan terus meningkatkan kemampuan Anda dalam menghasilkan karya-karya yang bermutu dan original.

Selamat berkarya!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Mengikuti Kompetesi atau Lomba Fotografi"

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!