Beberapa Cara Kalibrasi Monitor Komputer

Beberapa Cara Kalibrasi Monitor Komputer - Sobat aziscs1 semua pasti pernah mendapati hasil cetak foto Anda ternyata lain daripada yang di layar monitor? Atau pernah tidak ketika melihat foto di layar komputer lain ternyata tidak sama? Misalnya terlalu kontras, terlalu gelap atau terlalu kekuningan.

Hal ini disebabkan karena monitor Anda belum dikalibrasi. Untuk mengkalibrasikan monitor sebenarnya susah susah gampang. Susah karena kalau manual diperlukan kejelian dan kesabaran untuk menjalani langkah-langkah dalam mengkalibrasikan monitor. Gampang karena tidak perlu ketrampilan tambahan.

Tak dapat dimungkiri, penyesuaian warna atau akurasi pada monitor sangat penting. Khususnya di dunia fotografi. Lantas, apa yang harus diperhatikan agar warna yang dicetak sesuai dengan tampilan pada layar?

Cara mudah  Kalibrasi Monitor Komputer
Kalibrasi Monitor Komputer

Apa itu kalibrasi? kalibrasi pada dasarnya adalah menyesuaikan foto dilayar monitor dengan foto yang sudah dicetak. Berikut empat cara Kalibrasi monitor :

1. Colour temperature

Sesuaikan suhu warna monitor (colour temperature). Suhu warna dikenal sebagai black body radiator ideal. Konsep tersebut menerangkan objek biasa akan terpancar merah ketika dipanaskan dalam suhu tinggi. Jika dipanaskan pada level tinggi, warna berubah menjadi oranye, kuning, lalu putih.

Hampir semua monitor diatur pada suhu warna 9.300 Kelvin yang cocok untuk aplikasi pengolah kata, gambar, fotografi, game dan browsing web. Sebaiknya pilih suhu menu 6.500 Kelvin.

2. Brightness atau contrast


Jika warna pada layar monitor terlalu gelap, semua nuansa abu-abu gelap dari batas tertentu akan tampak hitam. Jika terlalu terang, akan tampak putih. Pengguna dapat membuat sendiri tampilan grafis di layar tes. Abu-abu atau memilih salah satu grafis yang tersedia online.

Pastikan ada sekitar 21 tingkat abu-abu dari hitam murni ke putih murni dengan 5% tingkat cerah. Pengaturan pasti mengalami trial and error. Sebagai titik awal, coba pengaturan kontras sampai 100% untuk monitor tabung (CRT) atau 40% pada LCD.

3. Gamma Adjustment


Mata manusia tidak memiliki respon linear terhadap cahaya, pengaturan kontras dan kecerahan kontras sehingga tidak selalu menghasilkan rendering akurat. Karena itu diperlukan pengaturan gamma. Nilai yang direkomendasikan 2,2 agar hasil pengaturan kartu grafis optimal.

4. Colour adjustment


Selain menyesuaikan nilai gamma keseluruhan, kartu grafis dapat mengatur nilai gamma individual untuk tiga warna primer. Merah, hijau dan biru. Nilai gamma yang tidak diatur dengan benar berpotensi membuat penyebaran warna tidak akurat

Bagi Anda yang ingin mencoba cara manual bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini

Berikut langkah-langkah kalibrasi manual monitor:

  1. Cek ukuran resolusi layar (image resolution) pastikan settingnya berada dipaling tinggi atau pilih yang paling optimal.
  2. Pastikan layar berada di setting warna 24 bit atau high-color
  3. Pastikan tidak ada cahaya yang kuat langsung menyorot monitor Anda sehingga timbul pantulan
  4. Cetak foto favorit Anda dengan kertas foto profesional
  5. Atur setting brightness, contrast dan warna (Merah, Hijau, Biru) monitor sehingga menyerupai foto
  6. Gunakan program seperti Adobe Gamma (biasa ditemukan di control panel) atau Quickgamma (gratis)
  7. Bila Anda mengunakan Windows 7, Anda bisa mengunakan fasilitas kalibrasi yang bisa ditemukan di control panel/Apperance/Display
Kalibrasi monitor juga bisa dilakukan dengan mengunakan alat kalibrasi otomatis yang bisa dibeli di pasaran contohnya adalah Spyder 3. Di komputer yang canggih juga mungkin ada alat kalibrasi otomatis.

Itulah Beberapa Cara Kalibrasi Monitor Komputer , semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Cara Kalibrasi Monitor Komputer"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!