Penyebab lampu indikator printer berkedip-kedip bergantian

Ingin tau penyebab dan tips cara mengatasi lampu indikator printer berkedip-kedip bergantian merah-kuning atau hijau-orange, masalah ini sering disebut dengan Printer Blinking. Oke langsung saja kita simak tulisan berikut:

Proses kenapa terjadinya lampu printer berkedip bergantian atau blinking adalah pada printer inkjet untuk semua jenisnya, memiliki sebuah sensor yang berfungsi sebagai penghitun berapa jumlah kertas yang telah tercetak, maka hal ini akan terus diakumuiasikan hingga mencapai batas yang telah ditetapkan oleh masing2 vendor printer, dan apabila batas tersebut telah tercapai maka akan terjadi overload dengan ciri-cirinya adalah lampu indicator printer akan berkedip-kedip bergantian, merah-kuning atau hijau-orange.

lampu printer berkedip-kedip bergantian Sebenarnya printer blinking maupun waste ink sebagai counter (penghitung) dimana kegunaan counter ini adalah untuk mencegah supaya jangan sampai limbah dari tinta di dalam printernya melebihi kapasitas busa / padnya (waste pad) sehingga mengakibatkan kepenuhan dan meluber, kalau sudah meluber malah akan menjadi kotor khan.., dan ini bisa merembes ke part bagian yang lainnya. Kalau teman2 memperhatikan modifikasi printer Epson atau printer Canon dengan menggunakan tinta infus, selalu dipasang botol kosong dibelakang body printer tersebut. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar yang dibuang pada saat printer pertama kali dinyalakan ataupun pada saat proses cleaning tidak memenuhi busa penampungan.
 (sumber referensi: www.banuaprinter.com/tutorial-printer-proses-terjadinya-blinking.htm)

Subscribe to receive free email updates: