Keramik Untuk Kamar Mandi, Beda Fungsi - Beda Keramik

Anda pasti tahu dong kalau keramik terdiri dari berbagai macam jenis dengan karakteristik yang berbeda beda pula. Sebagai contoh, keramik untuk kamar mandi tidak akan sama dengan keramik yang dipergunaka di ruang duduk dan tentunya tidak sama juga dengan keramik untuk daerah carport atau garasi mobil. Setiap keramik didesain dengan karakteristik tertentu yang disesuaikan dengan kondisi pemakaiannya.

Keramik Untuk Kamar Mandi, Beda Fungsi - Beda Keramik

Untuk daerah kamar mandi juga mewajibkan keramik yang memiliki karakteristik tertentu. Uniknya lagi, untuk kamar mandi, keramik yang dipergunakan terdiri dari 2 jenis yaitu keramik kamar mandi untuk aplikasi pemasangan di lantai dan keramik kamar mandi untuk aplikasi pemasangan di dinding.

Keramik untuk lantai kamar mandi wajib tidak licin. Dengan volume penggunaan air yang sangat tinggi, dan pemakaian pribadi yang rutin hampir setiap hari, keramik lantai kamar mandi membutuhkan perhatian ekstra baik dari segi pemilihan maupun segi pemeliharaan.

Keramik untuk lantai kamar mandi harus memiliki finishing matt. Yang dimaksud finishing matt adalah lapisan anti licin. Jadi tidak hanya bertekstur kasar karena ada juga keramik outdoor yang bertekstur kasar tetapi cukup licin disaat hujan. Lapisan matt ini memiliki butiran kasar sehingga selain tektur permukaan yang tidak rata dan juga disertai butiran kasar sehingga tidak licin.

Keramik bertekstur dapat memperbesar gaya gesekan antara lantai yang licin dengan telapak kaki sehingga memperkecil resiko terpeleset. Bagaimana jika ternyata lantai keramik kamar mandi yang telah dibeli tidak bersifat matt, hanya bertekstur kasar tanpa butiran kasar? Salah satu solusinya adalah menggunakan lapisan matt. Walaupun penggunaan lapisan matt plastik/karet ini cukup efektif tetapi masih tetap memiliki resiko tergelincir. Solusi lain yang lebih direkomendasikan adalah mengganti keramik lantai kamar mandi.

Dijelaskan diatas, keramik kamar mandi memiliki 2 jenis keramik. Selain lantai, dinding kamar mandi juga perlu dipasangi keramik. Berbeda dengan keramik lantai kamar mandi, dinding kamar mandi haruslah menggunakan keramik glossy yang licin agar gampang dilap kering. Dinding kamar mandi membutuhkan pemasangan keramik karena percikan air yang mengenai dinding kamar mandi akan menimbulkan bercak noda air, lumut dan di sisi lain dinding akan mengalami penggelembungan cat. Selain itu, dinding kamar mandi yang bersifat glossy juga memiliki kemampuan untuk mengurangi daya serap air ke dalam pori pori keramik.

Keramik dinding kamar mandi sebaiknya dipasang minimal 1,5 meter dari dasar lantai. Perhitungan tinggi ini diambil dari rata rata tinggi pemakai. Tinggi ini diperkirakan bisa mengantisipasi percikan air sehingga tembok bagian bawah yang dipasangi keramik aman dari percikan air. Selain ketinggian, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemeliharaan. Sebaiknya dinding keramik kamar mandi lebih sering dibersihkan atau digosok untuk menghindari lumut yang dapat timbul di daerah nat keramik.

Secara umum, dinding kamar mandi menggunakan keramik yang berukuran lebih kecil dibanding keramik dinding di ruang duduk atau lantai di ruang duduk. Hal ini hanya sebagai pembeda saja karena saat ini telah banyak juga dijumpai keramik kamar mandi yang menggunakan keramik persegi panjang dan cukup lebar ukurannya.

Penjelasan ini hanya merupakan penjelasan ringkas pemilihan keramik untuk kamar mandi secara umum. Untuk memilih keramik kamar mandi juga dapat dikonsultasikan langsung ke penjual keramik. Mereka tentunya paham keramik yang memiliki butiran kasar atau hanya bertekstur kasar serta trend pola yang sedang diminati.

Untuk mencari produk keramik dan dinding lainnya Indotrading.com adalah solusi yang tepat untuk mencari kebutuhan ini. Karena Indotrading.com merupakan direktori bisnis suplier terbesar di Indonesia, bisa juga untuk mencari harga dari berbagai macam keramik dan dinding dengan menggunakan fitur RFQ.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keramik Untuk Kamar Mandi, Beda Fungsi - Beda Keramik"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!