Mengubah warna Foto Di Photoshop Dengan Variations

www.aziscs1.com - Saat mengubah warna dengan Photoshop, masalah yang saya rasakan adalah bahwa kita harus mengkira-kira bagaimana hasil pengubahan warna yang akan terjadi. Tentunya akan lebih mudah, jika saat mengubah warna kita bisa sambil melihat bagaimana hasilnya nanti.

Dalam Photoshop terdapat sebuah fasilitas pengubahan warna yang cukup mudah digunakan. Yaitu dengan menggunakan Variations ( Image > Adjustment > Variation ). Cara pengubahan warna ini seringkali saya gunakan dulu, terutama pada saat awal belajar menggunakan Photoshop. Sebelum mulai sering menggunakan Photoshop, saya dulu justru lebih akrab dengan Corel PHOTO-PAINT, karena memang lebih praktis dan mudah digunakan. Terutama pada penggunaan efek-efeknya. Walaupun akhirnya malah "jatuh cinta" dengan Photoshop.

Pada tutorial kali ini akan saya gunakan untuk membahas tentang penggunaan Variation. Tidak banyak yang bisa saya jelaskan, karena penggunaan tehnik ini bisa dikatakan cuma point and click (tapi ya tetap saja butuh kepekaan untuk memilih warna yang pas).

Bukalah sebuah foto atau gambar dengan Photoshop. Untuk contoh gambar tutorial ini, saya gunakan foto Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Yang dipotret pada tahun 2008 sebelum direnovasi.


Setelah Anda membuka gambar yang akan dirubah warnanya, pilihlah menu Image > Adjustment > Variations. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.



  • Shadow, digunakan untuk mengatur bagian warna gelap
  • Midtone, digunakan untuk mengatur bagian warna pertengahan
  • Highlights, digunakan untuk mengatur bagian warna terang
  • Saturation, digunakan untuk mengatur intensitas warna hue
  • Fine dan Coarse, digunakan untuk mengatur intensitas pengubahan warna
  • Show Clipping, digunakan untuk menampilkan bagian yang terpengaruh oleh pengubahan warna

Jika pada saat mengubah warna ternyata Anda ingin mengembalikan kondisi gambar seperti semula, bisa dilakukan dengan mengeklik thumbnail gambar yang bernama Original. Atau dengan menekan tombol Alt di keyboard sambil mengeklik tombol Cancel (yang sekarang menjadi tombol Reset) di kotak dialog Variations tersebut.

Selamat mencoba dan berkreasi dengan Photoshop.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengubah warna Foto Di Photoshop Dengan Variations"

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!