Kiat-kiat Agar Terhindar dari Penipuan Berkedok Pinjaman Online Terbaik

Tidak seperti dulu, hidup di era sekarang ini memang lebih mahal, karena ada banyak hal yang harus dipenuhi selain kebutuhan pokok. Apalagi ketika sudah berumah tangga dan memiliki anak, maka akan semakin berat juga tanggungan hidupnya. Sehingga tak jarang berbagai macam cara akan dilakukan untuk bisa bertahan hidup. Salah satu diantaranya adalah dengan berhutang atau mengajukan pinjaman online terbaik . Produk pinjaman uang ini pastinya juga bukan hal yang baru lagi bagi Anda bukan, karena ada banyak sekali diantara lembaga-lembaga yang menawarkannya.

 


Bahkan sekarang ini tak hanya bank, melainkan juga banyak hadir lembaga pembiayaan non bank lainnya dengan tawaran produk yang sama. Diantaranya yang sudah sangat sering didengar adalah pinjol atau pinjaman secara online. Jenis produk pinjaman yang satu ini memang berbasis teknologi, dimana nantinya masyarakat tidak perlu kesulitan untuk datang ke kantor cabangnya secara langsung dan juga membawa berbagai macam berkas untuk apply, melainkan semuanya dapat dilakukan secara mudah dari rumah saja, berbekal smartphone yang dimiliki, karena ia hadir dalam bentuk aplikasi yang mudah diakses.

 

Hanya saja faktanya juga ada banyak sekali resiko-resiko penipuan bahkan salah mengajukan pinjaman ke fintech ilegal. Sehingga kedepannya juga sangat merugikan debitur tersebut. Agar dapat terhindar dari penipuan pinjol tersebut, maka berikut ini diantara tipsnya untuk Anda, yaitu:

 

  1. Kenali layanannya terlebih dahulu, ada baiknya untuk mengetahui seluk beluk dari lembaga penerbitnya. Juga melakukan verifikasi resmi atau tidaknya pemberi kredit tersebut. Karena yang sudah resmi biasanya telah terdaftar sebagai penyedia jasa atau layanan pinjaman berbasis online. Bahkan mereka juga memiliki situs atau website resmi dan aplikasi sendiri.
  2. Kredibilitas dari kreditur atau pemberi pinjaman, lembaga pinjol yang resmi tidak akan mengenakan biaya sepeserpun untuk pengajuan pinjaman mereka, biaya baru akan dikenakan ketika debitur sudah menerima uang pinjaman yang cair kedalam rekening, biasanya ia sudah dipotong dengan biaya administrasi.
  3. Ketahui mekanisme dan cara kerja dari pinjaman online tersebut, hendaknya debitur yang cerdas juga harus mengenai bagaimana mekanisme atau sistem kerja dari lembaga ini, tak asal terima mentah-mentah saja. Mulai dari pengajuan pinjaman dengan mengisi form dan menyerahkan data-data untuk selanjutnya akan diproses dan diberi keputusan apakah pengajuan disetujui ataukah tidak, jika memang demikian baru uang akan langsung kedalam rekening.
  4. Cek juga di situs resmi OJK, jangan lupa untuk aktif mengecek di website Otoritas Jasa Keuangan, karena mereka yang bertugas di dalam mengawasi apakah perusahaan tersebut bekerja secara sehat ataukah tidak, jika seandainya lembaga yang dimaksud masih belum terdaftar OJK, maka harus diwaspadai, karena artinya mereka ilegal.
  5. Cermat juga dalam melihat biaya-biaya yang ditimbulkan dari transaksi pinjaman tersebut, hendaknya calon debitur juga harus mengetahui biaya yang timbul dari pinjaman ini, mulai dari suku bunga, berapakah nilai yang lembaga tersebut kenakan kepada Anda, begitu juga dengan biaya administrasi, provisi, biaya di muka sampai dengan denda jika memang ada. Perusahaan yang baik harus transparan di dalam mencantumkan hal ini.

 

Setidaknya itulah kiat agar terhindar dari penipuan berkedok pinjaman online terbaik. Karena sekarang modus-modus penipuan semacam ini kerap sekali terjadi. Dimana nasabah disuruh mentransfer uang terlebih dahulu sebagai dalih biaya administrasi, namun uang pinjaman yang diminta tak kunjung cair.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat-kiat Agar Terhindar dari Penipuan Berkedok Pinjaman Online Terbaik"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!