Cara Mudah Membersihkan Sendiri Jamur Pada Lensa Kamera DSLR

Cara Mudah Membersihkan Sendiri Jamur Pada Lensa Kamera DSLR - Sebagai seorang fotografer pasti Sobat aziscs1 Kesal dengan jamur yang menggelayut di bagian dalam lensa Sekarang saya memberikan tips Cara Mudah Membersihkan Sendiri Jamur Pada Lensa Kamera DSLR . Sobat aziscs1 Tidak perlu membuang-buang duit ratusan ribu rupiah, coba dulu tips yang satu ini.

Peralatan yang diperlukan:
1. Obeng minus.
2. Kain lap bersih.
3. Cairan pembersih lensa.
4. Hair dryer.

Perhatikan: pada bagian depan lensa biasanya terdapat ring yang memiliki ceruk. Ceruk ini agaknya dibuat oleh pabrik lensa untuk membantu membongkar-pasang lensa. Dalam kasus ini, lensa yang diservis adalah Nikkor 18-200 VR.

Cara Mudah Membersihkan Sendiri Jamur Pada Lensa Kamera DSLR

Pertama-tama, ujung obeng dimasukkan ke dalam ceruk ring lensa.


Untuk menghindari terjadinya goresan, balutlah ujung obeng dengan kain lap (chamois) yang bersih.
Selanjutnya, putarlah ring lensa ke arah berlawanan jarum jam.


Cara Mudah Membersihkan Sendiri Jamur Pada Lensa Kamera DSLR

Lensa pun terbongkar

Cara Mudah membongkar Sendiri  Lensa Kamera DSLR
Semprot permukaan lensa yang berjamur dengan cairan pembersih lensa (bisa didapatkan gratis di toko-toko kacamata, tentunya jika Anda juga berbelanja kacamatanya)


Keringkan lensa dengan lap (chamois) yang bersih dan kering

cara membersihkan lensa
Sembur lensa dengan angin panas dari hair dryer


Sembur pula kerongkongan bodi lensa dengan hair dryer



Pasang kembali lensa ke bodinya

Cara Mudah Membersihkan Sendiri Jamur Pada Lensa Kamera DSLR
Kencangkan ring kembali. Dengan obeng yang dibalut lap


Niscaya, kini lensa Anda terbebas dari jamur dan segera dapat dipakai kembali.

Semuanya ini dapat Anda kerjakan sendiri dengan biaya 0 rupiah. Biaya servis seperti ini bisa mencapai 300-an ribu rupiah di tempat servis biasa, dan bisa mencapai 700-an ribu rupiah di tempat servis yang membawa sertifikat merek lensa (terutama bila garansi lensa sudah habis atau lensanya memang tidak pernah bergaransi resmi).




Nah mudahkan Sobat aziscs1 Nilai plus lain dari cara ini adalah waktu yang dibutuhkan cuma KURANG DARI 15 MENIT.

Sumber : http://www.egamesbox.com

Anda Ingin Buka usaha Studio Foto atau Cetak Foto Digital ??? inilah yang harus Anda Perlukan, DVD Paket Lengkap Program Studio Foto
kumpulan frame foto keren paling lengkap
Posted by: Azis Grafis Blog azis Grafis Updated at: 1/01/2011

48 comments:

  1. aneh yach tetep kotor, tapi kalo ganti lensa hasilnya bagus, gunanya hair dryer untuk apa, apa bedanya kalau tanpa hair dryer,.terimakasih.

    ReplyDelete
  2. fungsi hair dryer untuk mengeringkan dari cairan pembersih sekaligus menghilangkan debu yang ada disela sela penutup Lensa

    ReplyDelete
  3. Terima kasih, senang rasanya mendapatkan tips
    untuk membersihkan lensa.
    Saya punya dua lensa Canon tua 100-200mm dan 135mm serta sebuah lensa macro merk Hoya. Apakah cara bongkarnya sama?
    Bagaiamana dengan lensa bagian belakang?


    Terima kasih

    Santoso

    ReplyDelete
  4. pembersih lensa itu yang bagaimana ya.dan itu harganya berapa

    ReplyDelete
  5. @Santoso : cara membongkarnya sama saja , mungkin hanya posisi pengunci (knok) yang berbeda

    ReplyDelete
  6. Pembersih lensa itu sama dengan biasanya dipakai sebagai pembersih kaca mata. harganya mungkin sekitar Rp.20rb-30rb

    ReplyDelete
  7. Klo punyaku yang berjamur kca lensa yang dibelakang, gmana tuh bukanya gan??

    ReplyDelete
  8. Gan Tolong Dong Gimana Sih Cara Negebersiin Lensa Canon EF-S 55-250 n apa cara nya sama... tolong tanggapannya yahh

    ReplyDelete
  9. saya punya tamron 55-200 sudah saya buka dan saya bersihkan depan belakang tetap tidak hilang sepeti di tengah2 lensa jamur nya....
    ada saran lain gak ya??
    kalau di jemur di terik matahari apa bisa hilang???
    tolong tanggapan nya....

    ReplyDelete
  10. saya punya lensa tamron 55-200 sudah saya buka dan bersih kan depan belakang tetap tidak bisa bersih..
    jamur seperti di tengah2 lensa...
    ada saran lain?
    kalau di jemur aman buat lensa gak ya?
    dan apa bisa hilang jamur nya??
    tolong tanggapan nya....

    ReplyDelete
  11. @Aweend : cara membongkarnya sama saja , mungkin hanya posisi pengunci (knok) yang berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi knok di lensa canon kit 18-55 di mananya bro?

      Delete
    2. Kalo ulir lensa di lem apa bisa pake cara ini? Harus di paksa ato ada cara ngilangin dlu lemnya...???
      mhn tanggapanyya

      Delete
  12. Untuk lensa tamron 55-200 kemungkinan jamur pada bagian dalam lensa coba gunakan hair dryer , kalo tdk bisa jg berarti kemungkinan lensanya ada cacat.. kalo bisa jangan di jemur dimatahari sbb nanti lensa akan beruap dan menambah kotor lensa

    ReplyDelete
  13. hatur nuhun pisan gan atas tips n trik nya sangat bermanfaat sekali mudah2an nambah lagi ilmunya :)

    ReplyDelete
  14. Sangat berguna sekali.Stlh liat blog ini sy cb bongkar nikon 70-300 saya yg berjamur dan sy bersihkan. Dan berhasil! Hemat 300rb!THX BRO!Very useful!

    ReplyDelete
  15. Syukur deh bisa bermanfaat buat Sobat semua. Thanks atas kunjungannya salam jepret

    ReplyDelete
  16. sangat bermanffat infonya thx..

    ReplyDelete
  17. numpan nanya gan ...
    klo bongkar lensa depan ef 75-300mm gimana ko susah nya saya mo bersihin jamurnya ? tolong kasih pencerahannya dunk gan makasih sateuacana...

    ReplyDelete
  18. Caranya hampir sama saja, cuma dari beberapa lensa ada yang memang untuk membongkarnya agak susah perlu kehati hatian dan keteletian agar jangan sampai obeng yg digunakan mengenai Lensa.

    ReplyDelete
  19. kalo bersihin minul 70-300 gimana bos?

    ReplyDelete
  20. buka elemen lensa tidak boleh sembarangan, ada model ulir ada juga model cungkil. dan terkadang drat ulir di lem oleh pabrikan, jadi tidak bisa sembarang orang membukanya.

    ReplyDelete
  21. mantap info nya gan,,tp lensa qu ga ada ceruk ring lensa nya y,,,aq pke AF-s NIKKOR 18-55mm,,,

    ReplyDelete
  22. bos, lensa nikon 28-105 gw ring-nya udah dibuka tapi lensanya kok ga ikut ya?gimana cara buka lensanya?

    ReplyDelete
  23. ada sebagian Lensa yg model ulir ada juga model cungkil. dan terkadang drat ulir di lem oleh pabrikan jadi agak sulit membukanya perlu kehati hatian

    ReplyDelete
  24. Untuk Nikon 18-105mm apa sama? Saya lihat di dalam lensa ada bintik-bintik entah jamur atau apa, tapi hasil foto tetap tajam.

    ReplyDelete
  25. apakah sama cara bknya dg lensa canon yang 18-55mm

    ReplyDelete
  26. kak, kalau cara buat bersihin jamur di lensa nikon yang 70 - 300 VR, apa sama ya caranya?

    terus ada gag benda pengerin penganti hair dryer??

    soalnya saya gag punya hair dryer,.

    mohon bimbinganya,.

    ReplyDelete
  27. klo di lensa nikon 18-105mm apa sama cara y? ceruk or drat y ga keliatan. mohon infonya..

    tku..

    ReplyDelete
  28. Lensa mah gampang Kalau bersihkn jendela bidik ada jamurnya di dalam..gimana tu cara bersihinn..
    Mau bongkar gk tau bongkar lewat mana ?..
    Kususnya nikon D3100

    ReplyDelete
  29. gan kalo buka lensa kamera canon 1000D gmn ya? hehehehe :)

    ReplyDelete
  30. mas,...tutorial lensa canon sama sigma dooong hehehe
    setidaknya letak knoknya aja tunjukin ada dimana :)

    ReplyDelete
  31. iya bang.gimana cara mebongkar lensa 18-105..mahon pencerahan kalo ada gambarnya .
    thx.

    ReplyDelete
  32. gan,lensa saya 18-105, yang jamuran nya lensa belakang yang kecil..itu gimana bukanya nya..apakah di ulir juga..?

    ReplyDelete
  33. makasih gan infonya.. kebetulan ane punya kamera DSL bingung cara perawatann lensanya. setelah baca tips ini jadi tahu deh.. makasih ya

    ReplyDelete
  34. asalamualaikum met pagi siang dan sore,
    maaf pak, saya mau tanya. lensa saya 70-300mm kebeneran tamron juga.
    optik depan berjamur dan sudah bersih berkat bantuan bpk.
    dan saya mau minta tlg pada kawan2 disini, siapa tau ada yang tau dan pernah ngalami kejadian yang sama pada lensa saya.

    lensa 70-300af mati akan tetapi motor di lensa tetap bunyi hanya saja lensa tidak mau maju mundur alias ngadat ama sekali.
    jadi saya pakai mf aja terus, semua fungsi berjalan. infiti, bukaan masih bisa. hanya af saja yg mati ( motor di lensa tetep jalan )

    kira2 apa ya permasalahan pada lensa saya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa coilnya yg rusak atau plate magnetingnya yg sdh tdk bs bekerja,biasanya part electronic AF sulit diperbaiki.

      Delete
    2. sy pernah ngalamin gitu,,tp kasus nya cm gak bs af,,wkt itu cm dbersihin di tempat sensor nya,,dibuntut lensa yg bulet2 ky biji gandum,sm di mulut tempat lensa nempel di body,
      Trnyata berhasil

      Delete
  35. wah sangat membantu sekali. lumayan dapan menngirit 300 ribu-700ribu
    thanks info dan ilmunya yah

    ReplyDelete
  36. ane kesulitan menenukan knock pada lensa canon 18-55 mm, mhn bantuanya, makasih

    ReplyDelete
  37. kang, tlg beri pencerahan untuk membuka lensa canon 15-55 mm. mksh sblmnya

    ReplyDelete
  38. widiihhh manataappp


    sukses dach

    ReplyDelete
  39. wiih bagus banget tipsnya sangat bermanfaat terimakasih....

    ReplyDelete
  40. Untuk lensa canon 135 ls. Kasus yg sm berjamur dbagian depan. Suda sy buka stikernya, lalu ada baut 3 suda saya buka, kmudian ada gratnya saya arahkan tp searah jarum jam. Bisa bergerak, tp blm maw lepas. Mohon pencerahannya gan...trimsksh. Kl dicungkil kira2 nyungkilnya apke ap

    ReplyDelete
  41. Bro mnta saran cara bongkar lensa gimna ? Untuk membersihkan jamur yang ada di belakang lensa ? Tolong tanggapan nya bro. ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  42. Izin share ya masbro, info bagus bgt nih :)

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!