Darwis Triadi: Fotografi Perlu Gunakan Logika

Foto Darwis Triadi
Fotografi Perlu Gunakan Logika - Logika dalam karya foto kerap dilupakan oleh fotografer, terutama saat memotret objek yang berkaitan dengan pencahayaan sebuah benda atau manusia. Foto yang terlalu gelap maupun terlalu terang, tidak mempresentasikan mata sesungguhnya.

"Inti dari fotografi itu pencahayaan. Logika dari apa yang dilihat mata seharusnya bisa merepresentasikan hasil karya foto," ujar Darwis Triadi saat memberikan kelasnya di Darwis Triadi School of Photography, Jalan Mayjen DI Panjaitan 70, Selasa (13/11). Sekolahnya di Semarang yang menjadi kota ke-6 ini mengajarkan siswanya untuk banyak praktik daripada teori yang ia pandu langsung.

Dalam kelas basic dengan tahap ke intermidiate dan advance itu ia memberikan praktik langsung di kawasan kota Lama, kemudian mengurai bagaimana mendapatkan cahaya dari yang maksimal sampai seminim mungkin saat menjelang sore. Selain itu, siswanya diasah untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dengan melakukan interaksi untuk mendapatkan ide.

Pemilik nama lengkap Andreas Darwis Triadi yang kerap menjadi juri berbagai lomba fotografi ini mencontohkan, saat dalam sebuah kompetisi foto Gunung Bromo misalnya, hasil yang masuk memiliki angle yang sama. "Bagus memang, tapi rata-rata hasilnya selalu sama. Coba kalau mereka mengeksplorasi sekitarnya, pasti akan mendapatkan karya foto yang unik karena mau untuk melakukan observasi di lapangan," jelasnya.

Sementara itu, Lidiawati Pengelola Darwis Triadi School of Photography Semarang mengatakan kedatangan fotografer kawakan itu untuk memfasilitasi peminat fotografi yang kian tinggi. "Kami ingin memfasilitasi para pecinta fotografi di Semarang yang ingin mengasah bakatnya di bidang itu yang kini diminati dari berbagai kalangan," katanya.

Selama ini, kata Lidiawati, Darwis Triadi School of Photography sudah dibuka di sejumlah kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, dan Bali. Adapun pengajarnya berjumlah 18 orang berasal dari praktisi profesional mulai dari Gerard Adi, Edward Tigor Siahaan hingga Arbain Rambey secara bergantian tiap minggunya.

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/


Anda Ingin Buka usaha Studio Foto atau Cetak Foto Digital ??? inilah yang harus Anda Perlukan, DVD Paket Lengkap Program Studio Foto
kumpulan frame foto keren paling lengkap
Posted by: Azis Grafis Blog azis Grafis Updated at: 11/18/2012