Kirlian Fotografi, Melukis Cahaya tanpa menggunakan kamera

Teknik Kirlian Fotografi

Kirlian Fotografi, Melukis Cahaya tanpa menggunakan kamera - Mempelajari dan mengulik sebuah hal yang baru dan beda, pastinya seru bukan. Itulah yang dilakukan oleh seniman Robert Buelteman. Dia baru saja bereksperimen dengan menggunakan listrik tegangan tinggi, lho.

Yap, teknik tersebut dinamakan Kirlian Fotografi. Teknik ini hampir sama dengan Fotogram yaitu teknik melukis dengan menggunakan cahaya tanpa menggunakan kamera. Nah bedanya, disini Robert menambahkannya dengan listrik tegangan tinggi yaitu 80.000 volt,Wow. Tentu, nggak semua orang dapat melakukan teknik ini, apalagi semua prosesnya dilakukan di tempat yang gelap.

Eksperimen diawali dengan membedah kerangka  bunga, ranting dan daun. Setelah itu, Robert meletakkannya di atas logam diantara kaca yang dikelilingi oleh silikon cair. Barulah kemudian, listrik dialirkan ke dalam kerangka tanaman tersebut.

Cara Kirlian Fotografi

Lalu muncul warna-warna yang dihasilkan dari serat kabel optik, dan saat itu pula kabel membuat tanaman dapat mengeluarkan denyut dan memancarkan cahaya putih. Setelah itu, barulah gambar yang terbentuk dipindahkan ke dalam film. Dari proses ini, gas yang dihasilkan membentuk kabut biru di sekeliling bunga atau tanaman.

Teknik ini memang membutuhkan proses yang cukup panjang . Bahkan, Robert pun harus mengulang sampai 150 kali demi mendapatkan gambar yang diinginkannya, wow. Salah satu proses yang juga digunakan adalah dengan memasang kuda-kuda, untuk memastikan hanya bunga saja yang mendapatkan aliran listrik.
Sepertinya butuh keahlian khusus untuk memulai teknik Kirlian Fotografi yang satu ini, hehe. Jadi hati-hati ya, kawan.

Sumber : http://remaja.suaramerdeka.com/2012/11/08/kirlian-fotografi-melukis-cahaya-tanpa-kamera/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kirlian Fotografi, Melukis Cahaya tanpa menggunakan kamera"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!