Lensa wide cepat baru dari Tokina 16-28mm f/2.8

Seperti yang sudah diumumkan pada ajang PMA 2010, Tokina akhirnya meluncurkan satu lensa wide kelas profesional yaitu AT-X 16-28 f/2.8 PRO FX. Lensa seharga 14 juta ini dibuat dengan dua macam mount yaitu untuk Canon dan Nikon, dan tentunya sudah bisa digunakan di DSLR full frame. Lensa bukaan cepat dengan aperture konstan f/2.8 ini berukuran cukup besar, tahan cuaca berkat seal khusus, namun tidak mendukung pemasangan filter apapun.


Tokina 16-28mm f/2.8
Satu hal yang paling menarik dari kehadiran lensa ini adalah diperkenalkannya teknologi motor fokus di dalam lensa yang diberi nama SD-M (Silent Drive - Module). Artinya, terdapat motor auto fokus pada lensa Tokina ini dan mungkin di lensa Tokina lainnya di masa depan. Pemilik Nikon D40-D5000 tentu antusias akan kabar ini setelah produsen lensa lainnya, Sigma sudah bertahun-tahun lalu memperkenalkan motor fokus berkode HSM (Hyper Sonic Motor) pada beberapa produknya.

Pemilik kamera DSLR sensor crop atau APS-C lebih baik tetap memilih lensa Tokina 11-16mm f/2.8 untuk urusan fotografi wideangle-nya, karena selain dijual dengan harga setengah dari Tokina 16-28mm f/2.8 juga karena lensa 16-28mm ini akan punya fokal yang agak tanggung bila mengalami crop factor sensor APS-C yaitu setara dengan 24-42mm yang meski masih punya rentang fokal yang efektif namun sudah tidak terlalu wide lagi. Tokina 16-28mm f/2.8 ini bagi pemilik DSLR full frame bisa jadi alternatif lebih terjangkau daripada lensa profesional sekelas Nikon 14-24mm f/2.8 misalnya, atau bagi pemilik DSLR APS-C juga bisa jadi alternatif lebih cepat daripada lensa 16-35mm f/4 misalnya.
Sumber : http://kamera-gue.web.id/

Subscribe to receive free email updates: