Lima kamera saku keren harga dibawah satu juta

Sebentar lagi Natal Dan Tahun baru bagi Sobat aziscs1 yang berencana liburan ke Suatu tempat tidak salahnya Kalian Membawa Kamera untuk mengabadikan suasana disanan. Bagi yang belum memiliki kamera dan dana yang masih terbatas , Mau cari kamera yang keren tapi dana belum cukup? Daftar yang akan saya sajikan ini mungkin bisa jadi solusi buat Sobat aziscs1 dimana dengan dana satu juta bahkan kurang, anda bisa membawa pulang kamera saku keren keluaran terbaru (tahun 2010) yang tidak malu-maluin. Tidak percaya? Langsung saja kita kupas..

Canon Powershot A3000 IS

Kamera saku keren dari Canon dengan lensa 4x zoom ini di pasaran dijual bervariasi dengan harga maksimal satu juta rupiah. Anda tidak perlu membayar lebih mahal untuk kamera lain karena si mungil ini sudah memiliki sensor 10 MP, prosesor Digic III, Image Stabilizer, layar 2,7 inci dan ditenagai baterai Lithium. Kalaupun ada kekurangan dari kamera A3000 IS ini mungkin adalah resolusi videonya yang cuma 640 x 480 piksel alias VGA movie. Tapi rasanya dengan harga satu juta bila kita meminta HD movie kok rasanya terlalu berlebihan ya..?

Panasonic Lumix DMC-F2

Dulu kamera Lumix tergolong mahal meski kini lambat laun harganya semakin terjangkau. Satu produk dari Panasonic bernama Lumix F2 ini punya fitur yang hampir sama seperti Canon A3000 IS di atas, yaitu sensor 10 MP dan lensa wide 28mm dengan 4x zoom yang sayangnya tidak dilengkapi dengan stabilizer OIS. Lumix F2 ini mampu merekam video resolusi WVGA (848 x 480) yang lebih lebar dari resolusi VGA biasa. Sebagai tambahan, layar Lumix F2 ini berukuran 2,7 inci dan ditenagai baterai Lithium. Harganya? Kurang dari satu juta, alias 990 ribu….

Update : Lumix F2 diluncurkan bersamaan dengan kembarannya bernama Lumix F3. Keduanya sama persis dalam bentuk dan spesifikasi dasar, namun bedanya F3 sudah memakai lensa wide 28mm, memakai sensor 12 MP dan bisa HD movie. Kini Lumix F3 dijual di harga 990 ribu dan F2 turun jadi 900 ribu. Kabar baik tentunya kan..?

Casio Exilim EX-Z16

Dengan harga 850 ribu, anda bisa membawa pulang kamera tipis khas Casio bernama Exilim EX-Z16 dengan lensa zoom 3x ini. Sulit mencari kamera lain dengan harga semurah ini, yang punya fitur sekelas EX-Z16 ini. Betapa tidak, sensor 12 MP dengan stabilizer saja sudah sulit dipercaya bisa dijual di harga 850 ribu. Belum lagi fitur lain seperti WVGA movie, layar 2,7 inci dan baterai Lithium. Apalagi ada empat warna untuk dipilih : hitam, silver, pink dan merah.

Kodak Easyshare M530

Merk Kodak memang lambat laun semakin jarang terdengar, namun tidak ada salahnya saya sampaikan kalau Kodak juga punya kamera 12 MP dengan lensa 3x zoom yang juga dijual di kisaran harga 850 ribuan. Kodak M530 juga memiliki layar 2,7 inci dan baterai Lithium. Sayangnya tidak seperti Exilim Z16 di atas, Kodak M530 ini tidak memiliki fitur stabilizer, dan urusan video juga hanya tersedia resolusi VGA saja.

Canon Powershot A495


Tidak suka kamera dengan baterai Lithium? Atau mau mencari kamera termurah tapi tidak murahan? Cobalah Canon A495 seharga 750 ribu ini. Resolusi sensornya sudah 10 MP, lensanya 3,3x zoom dengan prosesor Digic III. Namun harganya yang murah harus ditebus dengan hilangnya fitur Image Stabilizer dan layarnya yang agak kecil dengan 2,5 inci. Urusan video cukuplah di resolusi VGA yang untungnya bisa mencapai 30 fps.

Kesimpulan :

  • Dengan dana kurang dari 1 juta, di tahun 2010 ini kita bisa mendapat kamera bermerk dengan resolusi 10-12 MP
  • Hanya Lumix F3 yang dibekali fitur HD movie, lainnya bervariasi antara WVGA hingga VGA (namun menurut saya sih format WVGA sudah tergolong mencukupi untuk urusan rekam video)
  • Umumnya kamera di atas memakai baterai Lithium dan layar 2,7 inci, kecuali A495 dengan baterai AA dan layar 2,5 inci
  • Umumnya kamera di atas memakai lensa zoom 3-4x yang tergolong normal untuk kamera saku, hanya Lumix yang memberi lensa dengan fokal lebih wide (F2 = 33mm, F3 = 28mm)
  • Ini yang penting : tidak banyak kamera murah yang memakai stabilizer, maka itu Canon A3000 IS dan Casio EX-Z16 patut diacungi jempol (sekaligus jadi top rekomendasi dari saya)
  • Jangan harap fitur lebih dari kamera murah, umpamanya fitur manual mode. Untungnya fitur Auto dari kamera masa kini semakin baik, seperti bisa mendeteksi wajah, bisa mengenali suasana sekitar (scene recognition) dan bisa menentukan scene mode secara otomatis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima kamera saku keren harga dibawah satu juta"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!