Memperbaiki Foto Jadul hasil scan di Photoshop

cara memperbaiki foto lama Memperbaiki Foto Jadul hasil scan di Photoshop - Dengan adanya alat yang bernama Scanner ini membuat kita dapat mencetak atau memperbaharui foto zaman dulu (Jadul) yang mungkin sudah tidak ada lagi Film atau klisenya.

Foto jadul tersebut kebanyakan kondisinya sudah tidak sebagus foto baru lagi, mungkin ada yang sobek, terkelupas, kotor ataupun bekas tercoret-coret. Nah pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial Bagaimana cara memperbaiki Foto yang rusak biar terlihat bagus kembali. Silakan Kalian Ikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1

Masukkanlah foto jadul hasil scanning yang hendak kita perbaiki ke Photoshop. pada contoh Kali ini saya menggunakan Foto Pamanku (Julak Bahasa Banjarnya) yang sudah dicetak sekitar 20 tahun yang lalu. Pada foto tersebut nampak terlihat kotor dan ada sobek pada bagian fotonya.

Langkah 2

Tahap perbaikan pertama mungkin untuk merapikan bentuk fotonya bisa kita potong bagian pinggirnya menggunakan Crop tool lalu kita atur cahaya dan warnanya setelah itu baru tahap perbaikan. Untuk proses perbaikan pertama kita gunakan Patch tool.


cara memperbaiki foto lama
Patch Tool

Langkah 3

Cari bagian foto yang rusak atau kotor dan gunakan Patch tool tadi untuk memperbaikinya, seleksi bagian yang yang rusak tersebut kemudian geser (drag) ke bagian yang lebih bagus seperti terlihat pada gambar  ilustrasi di bawah ini.

cara edit foto lama

cara memperbaiki foto lama dengan photoshop
menggunakan Patch tool


Langkah 4

Setelah bagian yang rusak (terutama yang agak besar) sudah kita bersihkan dengan Patch tool, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian-bagian yang kotor terutama bagian backgroundnya menggunakan Stamp Tool.
cara edit foto lama
Gambar terlihat sedikit bersih

Stamps Tool

Langkah 5

Untuk menggunakan Stamp Tool ini untuk pertama-tama kita tekan dulu tombol ALT pada keyboard kemudian Klik pada area yang bersih untuk kita jadikan Sampelnya. Kemudian kita klik saja mouse pada bagian gambar yang rusak atau kotor.
tutorial cara edit foto lama
Gambar sebelum dan sesudah Dibersihkan menggunakan stamp tool

Langkah 6

Ulangi langkah-langkah tersebut diatas pada bagian-bagian yang Sobat aziscs1 ingin bersihkan sampai gambar betul-betul terlihat bersih seperti telihat pada gambar di bawah ini.




Langkah 7

Selesai, dan lihatlah perbandingannya sebelum dan sesudah dibersihkan dengan  Patch tool dan stamp tool.

bagaimana cara edit foto lama biar bagus

Semoga Tutorial Memperbaiki Foto Jadul hasil scan di Photoshop ini bermanfaat, selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Memperbaiki Foto Jadul hasil scan di Photoshop"

  1. wah musti manual ya gan? terus kasih warnanya juga harus manual donk? -_-

    ReplyDelete
  2. Iya harus manual Sob untuk menghilangkan bagian foto yg rusak

    ReplyDelete
  3. Klo sgan memperbesar foto nyman kda pacah bila di ganali tahu lh wal.?

    ReplyDelete
  4. Klo menggnali ukurn gmbr vnk wal, xman pas di ganli kada pch thu lh wal?

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!