5 elemen Penting Untuk membuat foto yang hebat

5 elemen Penting Untuk membuat foto yang hebat - Biasanya setiap orang yang mempunyai kamera ingin mengambil gambar yang bagus yang membuat orang lain mengatakan, “Wow! Luar biasa!” tetapi sayangnya, beberapa orang berhasil mendapatkan yang jauh lebih, “Ini sangat-sangat bagus.” Mengapa? Mungkin karena tidak banyak orang yang mengetahui apa yang membuat sebuah foto menjadi luar biasa.

Jadi mari kita perhatikan lima elemen yang membuat sebuah foto yang hebat :
1. Foto yang baik adalah yang terkomposisi dengan tepat
Sudah banyak buku yang menuliskan tentang komposisi, dan Anda harus secara khusus menyediakan waktu lebih banyak untuk melihat apa yang mereka tuliskan. Sementara itu, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda ingat :

Mendekatlah ke subjek. Jika ada bunga mawar yang menarik perhatian mata Anda karena embun yang menggelayut pada kelopak bunga, mendekatlah ke mawar tsb. Kelopak dan daun-daun mawar akan menarik perhatian. Sementara itu, jika anda mengambil foto keceriaan wajah anak anda setelah dia memenangkan sebuah pertandingan besar, perlihatkan sedikit lapangan baseball di belakang anak anda, jadi yang terlihat adalah gambaran secara keseluruhan. Foto anda adalah bukan tentang seorang anak yang bahagia, tapi seorang anak yang berbahagia karena memenangkan sebuah pertandingan.




Bingkai subjek Anda. Jika Anda mengambil gambar landscape, cobalah gunakan cabang pohon terdekat sebagai latar depan. Bingkai tidak harus secara sempurna terfokus. Anda juga dapat menggunakan bingkai secara efektif ketika mengambil foto orang. Mungkin Anda dapat membingkai sekelompok anak-anak yang sedang bermain di taman, gunakan ayunan ban bekas sebagai latar depan. Marilah berkreasi.
Gunakan garis ketiga. Ini mungkin lebih mudah dari kedengarannya. Gambar tiga garis khayal secara horizontal melewati foto anda. Gambar tiga garis khayal secara vertical melewati foto yang sama. Pertemuan antar garis tersebut adalah tempat dimana subjek anda harus ditempatkan. Cobalah memotret dengan menggunakan prinsip ini. Cobalah dengan menempatkan subjek pada posisi tengah. Silakan berkreasi.
Jika anda sedang memotret landscape, cobalah untuk menemukan lengkungan “S” untuk digabungkan dengan gambar anda. Aliran sungai yang berliku-liku. Daripada memposisikan diri anda di depan aliran sungai yang lurus, berkelilinglah sampai anda menangkap aliran berliku. Sama dengan sebuah kebun; temukan jalan yang berkelok dan gunakan untuk menambahkan dinamis dan menarik nya foto anda.
Gunakan diagonal. Foto yang kuat biasanya menggambarkan subjeknya dalam garis diagonal. Lihatlah lukisan klasik yang menggambarkan kehidupan untuk melihat hasilnya.

2. Foto yang baik adalah yang ter exposure dengan baik
Foto yang secara minim ter exposure tidak akan menjadi foto yang hebat. Bahkan jika di edit dengan software sekalipun tidak akan memberikan anda sebuah gambar yang baik seperti yang ter exposure dengan baik dari awal. Luangkan waktu anda untuk belajar menggunakan metering kamera anda. Usaha anda ini akan sangat bermanfaat.

3. foto yang baik adalah yang membangkitkan perasaan
Sebuah foto yang baik adalah yang memiliki ikatan emosi. Jadi sebelum anda melepaskan shutter, tanyakan pada diri anda emosi apa yang anda inginkan dalam foto anda yang ingin anda bangkitkan. Kagum pada keindahan disekitar anda? Berharap penikmat foto anda melihat emosi dimana seseorang sedang menolong seorang tunawisma? Kenali terlebih dahulu perasaannya sebelum anda memotret, dan foto anda akan meningkat dengan sendirinya.

4. foto yang baik syarat akan sebuah kisah
Hal ini pada mulanya mungkin akan sangat sulit dipercaya, tapi sebuah foto yang baik selalu berisi sebuah kisah. Apakah itu foto tentang seseorang, sebuah foto yang baik adalah tentang siapa orang tersebut. Foto perpisahan merekam bagaimana penampilan para murid waktu itu, tetapi beberapa bertanya yang mana kah anak anda?. Sebuah foto landscape mengisahkan tentang sebuah dataran; ini menggambarkan pada penikmat foto anda apakah dataran tersebut tenang dan rata atau bergelombang, apakah itu sangat tenang pada musim dingin atau menunjukkan banyak aktivitas di musim semi. Jadi anda harus mengetahui perasaaan yang ingin dibangkitkan, dan mengetahui kisah yang ingin anda ceritakan.


5. Foto yang baik adalah mengenai kehidupan
Foto-foto kenangan mengatakan sesuatu pada penikmatnya lebih banyak dari pada yang terlihat. Mereka menggambarkan lebih dari subjek yang anda foto. Foto baik yang betul-betul mengatakan sesuatu tentang kehidupan. Hal ini akan membuat penikmatnya diam sejenak dan berfikir. Kita semua sudah pernah melihat gambar binatang yang manis yang dijadikan gambar di sebuah surat. Ini memiliki daya tarik yang besar karena mereka memberitahu kita bahwa hidup dapat menjadi sangat menyenangkan, tetap saja gambar tersebut terlihat sangat menyenangkan dan polos. Foto Grand Canyon akan lebih cantik kelihatannya apabila penikmat foto anda juga melihat lebih banyak daripada bebatuan. Sebuah lembah mengisyaratkan bahwa kehidupan mungkin bias sangat berbahaya. Bebatuan yang disinari sinar mentari pagi menunjukkan bahwa sesuatu yang tampak kokoh seperti batu juga mempunyai kelembutan. Gunakan foto anda untuk mengkomunikasikan tentang kehidupan anda inginkan menjadi nyata.

Setiap satu element dari kelima element di atas akan mengubah foto anda sedikit demi sedikit dari “keren.” Lebih banyak element yang anda gunakan dalam foto anda, anda semakin dekat dengan sebuah kata “Wow! Sangat cantik!” gunakan semua element tersebut dan anda akan menciptakan sebuah maha karya.

By Nancy Hill
Artikel
elemen Penting Untuk membuat foto yang hebat Di Sadur dan di modifikasi dari : photography.com

Subscribe to receive free email updates: