Cara memotong foto menggunakan Crop Tool di Photoshop

Cara memotong foto menggunakan Crop Tool di Photoshop - Tidak semua foto yang dihasilkan dari bidikan kamera kita sesuai dengan harapan yang kita inginkan. terkadang ada bagian-bagian yang tidak penting termasuk dalam hasil foto kita tersebut. 

Crop Tool di Photoshop
Crop tool
Bagaimana cara kita membuang atau memotong bagian yang tidak penting dari foto tersebut ? Caranya yaitu dengan menggunakan Crop Tool. Dengan crop tool kita bisa memotong foto yang tidak kita perlukan. Pada dasarnya prinsip dasar memotong foto atau gambar dengan Cropping , yaitu mengambil sebagian gambar dan membuang bagian yang tidak diperlukan. Cropping seringkali diperlukan dalam dunia fotografi. Photoshop memiliki tool khusus untuk melakukan tugas ini, yaitu Crop Tool. Untuk memotong foto dengan Crop Tool ini Sobat bisa gunakan photoshop semua versi baik itu Cs6 atau cs5, cs4, cs3, cs2 atau cs, semua tersedia.

Berikut ini Fungsi dari  Crop Tool di photoshop :
  • Width: untuk menentukan lebar cropping.
  • Height: untuk menentukan tinggi cropping.
  • Resolution: untuk menentukan resolusi obyek yang dicropping.
  • Front Image: menggunakan nilai ukuran dan resolusi dari image tersebut.
  • Clear: untuk menghapus semua teks isian pengaturan pada field yang ada pada Option Bar.
  • Shiels: untuk memberikan warna pada bidang yang dibuang.
  • Colour: untuk memilih warna pada bidang yang akan dibuang.
  • Opacity: untuk menentukan tingkat opacity (kepekatan) warna pada bidang yang akan dibuang. Nilai 100 berwarna pekat sekali, sedang nilai 0 tidak terlihat warna penanda bidang yang akan dibuang.
  • Perspective: membuat bidang cropping dengan menggunakan persepective.
  • Crop Tool di Photoshop: untuk membatalkan bidang cropping yang telah dibuat.
  • Crop Tool di Photoshop : untuk menyetujui bidang cropping yang telah dibuat.

Berikut langkah-langkah atau tahap memotong photo dan gambar menggunakan Crop tool


Cara memotong foto menggunakan Crop Tool di Photoshop

  1. Masukan foto yang ingin dipotong atau Crop ke photoshop.
  2. Klik Crop Tool, atau tekan C di keyboard  tentukan ukuran tinggi dan lebar bidang cropping yang akan diambil pada Option Bar. Sesuai ukuran yang kalian inginkan. Jika Sobat aziscs1 belum mengetahui ukuran-ukuran foto Kalian bisa membacanya disini.
  3. Setelah melepaskan tombol mouse, maka bidang yang tidak terpilih akan berubah warnanya menjadi gelap, sedangkan bidang terpilih tetap pada warna aslinya.
  4. Sampai pada langkah ini anda masih dapat menggeser-geser posisi kotak seleksi cropping dengan menggunakan Selection Tool untuk menempatkan bidang yang di crop. Apabila anda mengisikan dimensi tinggi dan lebar cropping pada Option Bar setelah anda membuang bidang cropping, maka bidang itu akan memiliki perbandingan yang setara dengan tinggi dan lebar yang akan diketikkan. Jadi, untuk menetapkan ukurannya, gunakanlah perangkat pembantu seperti Ruler dan Guides serta menetapkan posisi koordinat 0:0.
  5. Apabila posisi image yang berada dalam bidang cropping miring ke kiri, anda dapat menggunakan Selection Tool untuk memutar titik pojok bidang cropping menjadi tegak.
  6. Klik tombol centang konfirmasi Perspective untuk mengcrop sehingga muncul kotak dialog yang menanyakan apakah anda menginginkan untuk di Crop, di Cancel, atau di Don't Crop (kembali ke bentuk asli sebelum anda menggunakan Crop Tool).
  7. Jika anda tekan Crop, maka bidang yang tidak diseleksi akan lenyap dan hanya tersisa bidang yang telah dicropping saja.Sebagai contoh seperti terlihat pada gambar di atas.
.Nah selesai sudah dan foto kita jadi terlihat rapi dan bagus, semoga Cara memotong foto menggunakan Crop Tool di Photoshop ini bermanfaat buat Sobat semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara memotong foto menggunakan Crop Tool di Photoshop"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!