Cara mencetak foto di Photoshop dengan Printer

Cara mencetak foto di Photoshop - Kali ini saya akan memberikan tutorial cara mencetak foto dengan program atau software Photoshop buat Sobat aziscs1 semua. Mungkin muncul dalam pikiran kita saat mempunyai foto yang ada dalam komputer, adalah bagaimana cara mencetaknya. Suatu yang bukan hal asing lagi, apalagi pada saat ini karena kita dengan mudah bisa memotret dengan kamera digital ataupun Kamera Handphone dan menyimpan / mentransfer foto tersebut ke komputer.

Untuk mencetak foto kita akan memiliki dua pilihan yang bisa Sobat lakukan. Yang pertama adalah dengan membawa file foto tersebut ke studio foto digital yang sudah dilengkapi mesin cetak canggih seperti FujiFilm, Kodak atau Konica di daerah tempat tinggal Sobat, dan Anda tinggal membayar biaya cetak yang relatif murah.

Pilihan kedua, jika Anda mempunyai printer sendiri maka tidak ada salahnya mencoba mencetak sendiri foto tersebut. Ada banyak program yang bisa digunakan untuk mencetak foto. Salah satunya adalah dengan Software Photoshop yang bisa digunakan untuk mencetak foto. Dan kali ini saya akan memberikan panduan mencetak foto dengan Photoshop, Silakan Sobat aziscs1 ikuti langkah-langkah berikut ini :

Bukalah foto atau gambar yang akan Sobat aziscs1 cetak dengan Photoshop. Buatlah ukuran gambar tersebut agar sesuai dengan ukuran cetak yang Anda inginkan. Untuk melihat Daftar ukuran standar cetak foto, Sobat bisa baca di artikel daftar ukuran foto. Sedangkan cara yang mudah untuk membuat agar ukurannya sesuai dengan ukuran cetak adalah dengan menggunakan Crop tool, tentang cara penggunaan crop tool bisa dibaca di sini.

Setelah ukuran foto sesuai dengan yang Anda inginkan, sekarang tinggal Anda pilih menu File and Print..
Kemudian akan muncul sebuah kotak dialog yang lebar (akan lebih baik jika layar monitor Anda di setting agak tinggi resolusinya agar kotak ini nampak semua, misalnya 1024×768).



Ada beberapa pengaturan pada kotak dialog ini yang mungkin ingin Anda atur terlebih dulu, misalnya:
1. Nama printer
Jika printer yang terpasang di komputer Anda lebih dari satu, maka harus dipilih dulu printer yang ingin anda gunakan. Pada bagian Copies, isikan jumlah pencetakan yang ingin Anda lakukan. Klik Page setup, jika Anda ingin mengubah ukuran kertas yang digunakan. Pengaturan pada Page setup akan beragam, sesuai dengan jenis printer berikut driver printer yang Anda gunakan.

2. Position
Anda bisa memilih antara posisi tepat ditengah (dengan cara memberi tanda cek pada pilihan Center Image), atau mengatur sendiri posisi gambar pada kertas. Jika Anda menonaktifkan pilihan Center Image, maka gambar bisa Anda geser-geser sendiri letaknya.

3. Scaled Print Size
Pengaturan ini digunakan untuk mengubah ukuran cetak, Anda bisa mempertahankan ukuran asli foto dengan menonaktifkan pilihan Scale to fit media. Bisa juga Anda buat agar foto bisa sebesar mungkin dan sesuai dengan ukuran kertasnya.

4. Orientation
Ada dua tombol kecil dibawah gambar preview cetakan, tombol ini digunakan untuk memilih hasil cetakan yang mendatar (landscape) atau yang tegak (portrait).
Pengaturan yang lain tidak usah diperhatikan, cuekin aja, sekarang tinggal klik tombol Print di sudut kanan bawah kotak dialog.

Jika muncul kotak dialog lagi seperti dibawah ini, klik tombol Print pada kotak dialog ini.


Jika muncul lagi, kotak dialog seperti dibawah ini, klik tombol OK.


Foto Sobat pun akan tercetak dan  akan muncul dari printer dan siap untuk di pajang di dinding. Semoag Cara mencetak foto di Photoshop ini bermanfaat bagi Sobat aziscs1 semua.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara mencetak foto di Photoshop dengan Printer"

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!