Tips merawat kamera analog

Tips merawat kamera analog
Tips merawat kamera analog - Siapa yang bilang kalau masa kamera analog telah habis? Memang, walau saat ini banyak produk kamera digital terbaru yang menawarkan beragam kemudahan, faktanya saat ini masih banyak fotografer yang tetap setia menggunakan kamera analog. Nggak hanya itu, komunitasnya pun saat ini mulai banyak bermunculan.

Kamera analog lebih awet, memiliki resolusi yang lebih besar, serta warna yang dihasilkan lebih 'vivid'.

Kamera analog memang memiliki banyak kelebihan, mulai dari lebih awet, memiliki resolusi yang lebih besar, serta warna yang dihasilkan lebih vivid (hidup) karena film menangkap sinar objek apa adanya. Namun, berhubung kamera analog kebanyakan termasuk barang tua, kita pun harus pandai untuk merawatnya.

Nah, bagi Anda yang gemar akan fotografi dan kebetulan memiliki kamera analog, berikut ini adalah tips untuk merawat kamera analog ala Rizki Pratama, salah satu pendiri komunitas Pecinta Kamera Analog (PKA). Check these out!

Rajin membersihkan bodi kamera
Pada dasarnya merawat kamera analog tidaklah sesulit yang dibayangkan, karena sebenarnya kamera analog memiliki bodi yang kuat yang berbahan dasar besi dan kulit/aluminium. Namun walau begitu, kita tetap harus rajin membersihkannya agar terhindar dari karat ataupun noda yang membandel, dengan membersihkannya menggunakan blower dan kain lembut.

Sering-sering membersihkan lensa kamera
Lensa adalah salah satu bagian yang terpenting dari sebuah kamera, untuk itu Anda harus rajin membersihkannya guna menghindarkan lensa dari jamur. Untuk itu Anda bisa membersihkannya menggunakan blower serta tisu lensa, namun jangan menggunakan kain biasa karena dikhawatirkan akan merusak permukaan lensa.

Siapkan dry box
Siapkan dry box untuk menyimpan kamera kesayangan Anda, karena dalam dry box suhu dan kelembaban dapat diatur secara otomatis. Namun, jika Anda kebetulan tidak memilki dry box, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan boks plastik lalu didalamnya diisi dengan silica gel dan terakhir simpan kamera ditempat sejuk dan kering.

Nah itulah Tips merawat kamera analog , bagaimana, mudah kan? Selamat mencoba! **MS

sumber:http://www.tnol.co.id/tips-trik/14739-tips-merawat-kamera-analog.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips merawat kamera analog"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!