Menurut Pengamat Fotografi, Fitur Face Detection bagus untuk Selfie

Fitur Face Detection bagus untuk Selfie
Fitur Face Detection bagus untuk Selfie - Dalam aksi memotret diri sendiri (self picture/selfie), menggunakan kamera di smartphone sudah mencukupi. Namun, ada beberapa fitur yang harus diperhatikan dalam memilih smartphone untuk ber-selfie ria.

Menurut pengamat fotografi, Yuliandi Kusuma, penggunaan selfie untuk kepentingan publikasi di sosial media cukup dengan menggunakan kamera di ponsel pintar. Namun, untuk keperluan pencetakan, lebih baik menggunakan kamera poket.

Sebab, menurut Yuliandi, kamera poket biasanya memiliki besaran piksel yang mumpuni didukung dengan kualitas sensor yang baik. Sedangkan piksel pada smartphone, biasanya tidak sama seperti kamera poket.

"Piksel biasanya tergantung kualitas sensor. Megapiksel akan berpengaruh pada ukuran cetak foto. Sedangkan untuk tampil di media sosial, megapiksel berpengaruh pada ketajaman dan kualitas foto," papar Yuliandi.

Menurut editor di majalah fotografi Digital Camera Indonesia ini, hal yang paling dibutuhkan oleh pada pelaku selfie dalam beraksi menggunakan smartphone adalah fitur fokus otomatis. Dengan fokus, pengguna akan mendapatkan hasil gambar yang lebih pas dan jelas.

"Fokus lebih pas pada wajah sendiri. Bisa menggunakan kamera depan yang kualitasnya bagus, atau dengan fitur panduan. Bisa juga dengan fitur pendeteksi wajah otomatis," katanya.

Sayangnya,  saat ini masih sulit untuk memilih smartphone dengan kamera depan yang berkualitas. Smartphone yang beredar saat ini masih menyematkan fitur-fitur yang lebih baik di kamera belakang, termasuk kapasitas megapiksel yang besar. Padahal untuk selfie, kebanyakan pengguna selalu mengandalkan kamera depan.

Namun begitu, menurut Yuliandi, fitur fokus yang bisa mendeteksi wajah secara otomatis sudah mulai umum. Di Indonesia, beberapa smartphone berfitur face detection di antaranya adalah Samsung Galaxy S4, Apple iPhone 5, dan Asus Zenfone 6.

"Fitur pendeteksi wajah dengan akurat dan secara otomatis, itu akan lebih membantu (aksi selfie)," tegasnya.

Berdasarkan review dari Phone Arena, beberapa smartphone yang masuk dalam jajaran ponsel selfie versi laman tersebut (kami hanya sebutkan yang beredar di Indonesia) adalah :

1. Sony Xperia C3 (kamera depan 2MP, kamera belakang 5 MP, face detection)
2. Huawei Ascend P7 (kamera depan 8 MP, belakang 13 MP, face detection)
3. HTC One M8 (kamera depan 4 MP, belakang 4 MP, face detection)
4. Asus Zenfone 6 (kamera depan 2 MP, kamera belakang 13 MP, multiple face detection/kamera fokus)
5. Samsung K zoom (kamera depan 20 MP, belakang 2 MP, Face detection).

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/532647-pengamat-fotografi--fitur-face-detection-penting-untuk-selfie

Subscribe to receive free email updates: