Cara memberi efek Listrik atau petir pada foto

Cara memberi efek Listrik atau petir pada fotoCara memberi efek Listrik atau petir pada foto - Diawal tahun baru 2016 ini saya kembali memberikan sebuah tutorial buat Sobat aziscs1 tercinta. Sebenarnya sudah dari dulu saya ingin posting tentang Tutorial photoshop ini . Namun baru sekarang akhirnya kesampean.

Berawal dari SMK dulu,  Nah, pada waktu itu lagi asik-asiknya mengukur tegangan listrik, maklum disekolah saya lulusan jurusan elektro namun disitulah saya akhirnya mengenal Photoshop.

Kembali ke topik dah! Posting  saya kali ini tentang photoshop adalah membuat efek listrik atau bisa juga dikatakan petir. caranya mudah aja kok..... Bahkan mungkin dah banyak yang bisa. Tapi saya mau sharing buat yang masih belum tau caranya ya... Sekarang, ini dia tutorialnya :

1. Buat File baru, kira-kira berukuran lebar 700px dan tinggi 2300px, set resolusi 72 dengan warna RGB. Tapi ukuran ini tidak mutlak loh, bisa buat variasi sendiri untuk mendapatkan hasil yang berbeda.


create a new file

2. Buat gradasi warna hitam putih, bisa menggunakan gradient tool atau warnai secara manual, simak gambar di bawah ini, dengan Opacity 70%.

Cara memberi efek Listrik atau petir pada fotocreate a gradient






3. tarik kursor Gradient dari tengah ke atas

 

4. Buat kira-kira seperti gambar di bawah ini.

 

5. klik Filter(pada bagian menu atas)-Render-Different Clouds.

different cloud

6. Dan hasilnya akan jadi seperti ini :



7. Invert dengan memilih menu image-adjustments-invert (Ctrl+i), hasilnya akan jadi seperti ini :



8. setting adjustmennya dengan memilih menu [Image-Adjustments-Levels], lalu set kira2 seperti di bawah ini(ukuran tidak mutlak). Dan hasil setelah setting Adjustment: terlihat seperti gambar di bawah :



9.rubah warnanya sesuka kamu dengan mengubah hue/saturation. Caranya, klik [Image-Adjustments- hue/saturation]. Jangan lupa centang pada [colorize]. Contoh saya rubah ke warna merah.



10. Sekarang waktunya untuk memasukkan listrik ke dalam foto kita, buka gambarmu di adobe photoshop dulu.

11.drag gambar petirmu tadi ke area gambarmu(yang mau di edit), lalu ubah posisi sesuai selera kamu[gunakan transform/ctrl+t]


Tutorial Cara memberi efek Listrik atau petir pada foto

12. klik kanan di tab bagian pojok kanan bawah, ganti opsi 'Normal' menjadi 'Screen'



13. dan lihatlah hasil akhir, Kerenkan efek manusia listrik hehe .....................

Tutorial Cara memberi efek Listrik atau petir pada foto

Selamat mencoba dan berkreasi dengan Tutorial Cara memberi efek Listrik atau petir pada foto.

Subscribe to receive free email updates: