Leica X-U, Kamera Tahan Air dan tahan banting untuk fotografi outdoor

Leica X-U, Kamera Tahan Air dan tahan banting untuk fotografi outdoor

Kamera Leica X-U ini merupakan kamera yang diperuntukkan untuk fotografi outdoor yang tahan di segala kondisi lingkungan yang kurang bersahabat seperti debu, pasir dan air. Bagaimana performanya?

Berbeda dengan sebagian besar kamera compact rugged lainnya, Leica X-U memiliki memiliki sensor gambar APS-C yang relatif besar, setara dengan kamera DSLR /interchangeable mirrorless pada umumnya.

Lensa yang digunakan juga lensa fix premium dan berbukaan besar f/1,7 dengan jarak fokus 23mm f/1,7, ekuivalen dengan 35mm di format kamera 35mm.

“Kamera terbaru Leica ini bisa digunakan di dalam air hingga kedalaman 15 meter selama 60 menit,” katanya tentang kamera Leica X-U yang dibanderol dengan harga Rp55 juta per unit dengan stok terbatas.
Menurut dia, kamera terbaru Leica X-U juga tahan terhadap guncangan dengan jarak jatuh hingga 1,22 meter dan mampu mempertahankan performa dalam kisaran suhu mulai dari 0 derajat Celsius hingga 40 derajat Celsius. “Ini menjadikan kamera terbaru Leixa X-U sebagai teman terbaik bagi para petualang dan fotografer yang ambisius,” ujarnya.

Bernard juga menyatakan tidak ada perbedaan hasil jepretan saat kamera terbaru Leica X-U digunakan, baik saat menyelam di dalam air, mendaki puncak gunung bersalju, atau menjelajahi gurun pasir yang panas dan penuh debu.

Selain itu ada lapisan anti-slip Thermoplastic Elastomer (TPE) pada kamera membuatnya aman dan nyaman dipegang sehingga fotografer bisa bebas berkreasi.

Leica X-U, Kamera Tahan Air dan tahan banting untuk fotografi outdoor


Kamera terbaru Leica X-U juga menjanjikan foto dengan warna alami dan resolusi detail bahkan pada jarak sedekat 20 centimeter dengan menggabungkan format APS-C profesional dan CMOS sensor lebih dari 16,5 megapiksel (MP) (efektif pada 16,2 MP), serta lensa premium Leica Summilux 23 mm f/1.7 ASPH atau setara dengan fokus 35 mm pada format 35 mm.

Audi Design merancang kamera terbaru Leica X-U dengan plat bagian atas kamera terbuat dari alumunium premium dan high-grip TPE sebagai pelapis. Badan kamera terbaru Leica itu dilengkapi anti-slip, pelindung layar monitor dan sistem penguncian ganda pada baterai dan kartu memori.

Aperture dan shutter speed dapat diatur secara individual pada setiap detik pengambilan gambar. Tombol snapshot yang praktis memungkinkan pengambilan gambar di dalam air dengan sekali menekan tombol tanpa harus mengatur menu.

Fitur unggulan kamera terbaru Leica X-U lainnya adalah video Full High Definition dengan kemampuan rekam video pada resolusi 1.920 x 1.080 atau 1.280 x 7.20 piksel pada 30 frame per detik dalam format video MP4.

Spesifikasi Leica X-U (Typ 113)


  • Sensor: CMOS APS-C 16.2 MP. Format rasio 3:2
  • Format video dan resolusi : MP4, Full HD 1920x1080p, 30fps
  • Lensa: Fix, tidak bisa ditukar: 17mm f/1.7 (ekuivalen 35mm)
  • Jarak minimum fokus: 20 cm
  • Kartu SD Card
  • Rentang ISO: 100-12500
  • Sistem autofokus: Contrast Detect
  • Rentang Shutter speed: 30 detik sampai 1/2000 detik
  • Kecepatan foto berturut-turut: 3 - 5 foto berturut-turut.
  • Buffer: Maksimum 7 foto (RAW+JPG)
  • Built in flash GN 5, recycle time 5 detik
  • Layar LCD fix, ukuran diagonal 3 inci, 920.000 pixels
  • Kondisi: Suhu 0-40 derajat Celcius, kelembaban 85%
  • Kondisi dibawah air: Maksimum 15 meter selama 60 menit
  • Baterai: 1600maH, 450 exposure
  • Bahan casing: Bagian atas dan bawah dari Alumunium, sisanya dari plastik dan sejenis karet (thermoplastic elastomer).

 Kesimpulan

Kamera Leica X-U (typ 113) adalah kamera Leica yang unik karena satu-satunya yang tahan banting dan tahan air dengan sensor gambar APS-C dan lensa bukaan besar. F/1,7. Dengan spesifikasi seperti itu, kamera ini memudahkan fotografer outdoor untuk untuk memotret di berbagai kondisi ekstrim, termasuk dibawah air dan di kondisi cuaca buruk. Leica X-U ini tersedia di Leica Store Indonesia, Jakarta Pusat, dengan harga Rp 55 juta.

Subscribe to receive free email updates: