Cara Cepat MengExport Semua Page Menjadi JPG (atau File Lainnya) di CorelDRAW X7

Sebenarnya saya sudah lama menggeluti bidang desain grafis terutama CorelDraw, ada satu hal yang masih belum saya temukan pemecahannya yaitu Bagaimana cara Mengkonvert atau Export Semua page atau halaman sekaligus di Coreldraw baik itu X6, X7,X8 atau X9.Kita biasanya akn kesulitan  jika dalam sebuah file CorelD RAW terdapat banyak halaman dan semua halaman tersebut harus di export ke format lain seperti JPG, PNG, dll. Tentu akan makan waktu.

Namun ada cara mudah yang diberikan oleh CorelDRAW (saya menggunakan X7) yaitu dengan macro yang sudah terinstal dalam CorelDRAW X7, cara ini saya salin dari Blog www.yopiardinal.wordpress.com.

Berikut langkah-langkahnya Mengkonvert atau Export Semua page atau halaman sekaligus di Coreldraw :

1. Pada menu klik Tools > Macros > Run Macro…
macro


2. Setelah muncul kotak dialog Run Macro, pada combo Macros in : pilih . Klik Converter.Start lalu klik Run 

macros2

3. Lalu muncul kotak dialog File Converter. Pilih folder tempat file yang ingin di convert pada textbox Source: lalu akan muncul kotak dialog Source Selection
 

macro 0

4. Pilih folder tempat file yang ingin di convert pada textbox Source:Pilih tipe file. Klik file yang ingin dikonversi lalu klik tombol Add. Klik pada Selected Files lalu tekan OK.


macros 4

5. Klik OK lalu kita akan kembali ke kotak dialog File Converter sekarang klik pada folder untuk tempat penyimpanan hasil konversi pada textbox Destination:

6. Kembali ke kotak dialog File Converter Pilih tipe file untuk hasil konversi, disini saya memilih JPG – JPEG Bitmaps. Pengaturan selanjutnya pada frame Bitmap Options. Tentukan resolusi (Resolution), lebar (Width),  tinggi (Height), pastikan memilih Maintain Aspect Ratio agar ukuran hasil konfersi seperti file asal, lalu klik Anti-aliasing untuk memperhalus garis pada gambar hasil konversi. Terakhir klik Convert.

macros 3

Semoga Bermanfaat Bagi sobat aziscs1 semua …

Sumber : https://yopiardinal.wordpress.com/2016/02/24/export-semua-halaman-menjadi-jpg-pada-coreldraw-x6/

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Cepat MengExport Semua Page Menjadi JPG (atau File Lainnya) di CorelDRAW X7"

  1. sudah coba, ternyata ini cara convert file cdr ke jpeg langsung, jadi file cdr berubah jadi jpeg, backupan hilang, ulang dari awal lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, iya betul... jadi harus di copy dulu file yg akan di convert. supaya gak design dari awal

      Delete
  2. page 1 aja yg bisa, page 2.3.4 dst gak terconvert.. jadi tetap satu2 convertnya

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!