HP Vivo Y12i : Spesifikasi dan Review Lengkap 2020

Perkembangan ponsel di kelas entry level berlangsung sangat cepat. Hal ini dipicu oleh persaingan setiap brand dalam menciptakan ponsel murah. Vivo sendiri memiliki sebuah ponsel entry level unggulan yaitu Vivo Y12i. Karena berada di kelas bawah, harga yang dibanderol juga rendah. Vivo melepas ponsel ini ke pasaran dengan harga 1,6 juta saja.


 

Apakah ponsel murah dari Vivo ini worth untuk dibeli? Sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu spesifikasi beserta kelebihan dan kekurangannya pada penjelasan berikut ini:

Spesifikasi Lengkap Vivo Y12i

Tabel di bawah ini akan memberikan Anda gambaran mengenai ponsel Vivo seri Y12i ini secara garis besar. Mengetahui spesifikasi secara lengkap juga perlu dilakukan di awal sebelum memutuskan untuk membelinya.

Dimensi

 

Panjang

15,94 cm

Lebar

76,8 cm

Ketebalan

0,89 cm

Bobot

190,5 gram

Warna

Agate Red dan Mineral Blue

Layar

 

Jenis

IPS LCD

Ukuran

6,35 inci

Resolusi

720 x 1544 px

Rasio

19,5:9

SOC

 

Chipset

Qualcomm Snapdragon 439

CPU

Octacore

GPU

Adreno 505

Sistem

 

RAM

3 GB

ROM

32 GB

Sistem operasi

Android 10

Eksternal

microSD hingga 512 GB

Kamera

 

Utama

13 MP dan 2 MP

Depan

8 MP

Baterai

5000 mAh

Konektivitas

 

Kartu SIM

Dual Nano SIM

Internet

2G, 3G, dan 4G (LTE A)

Koneksi Wireless

Wi-Fi, dual band, Wi-Fi direct, dan hotspot

Bluetooth

4.0

Port USB

Type B, support OTG

Navigasi

A-GPS, GLONASS, GALILEO, dan BDS

Sensor

Sidik jari, accelerometer, compass, dan proximity

 

Review Vivo Tipe Y12i

1.     Palet Penjualan

Apa yang Anda lakukan pertama kali setelah membeli sebuah smartphone baru? Ya, membuka kemasannya. Kegiatan ini lebih populer dengan sebutan unboxing. Setelah kemasan terbuka, Anda bisa melihat apa saja yang disertakan oleh sebuah brand dalam paket pembelian smartphone. Nah, Vivo Y112i ini dilengkapi dengan beberapa aksesoris lainnya seperti:

·         Soft case

·         Buku petunjuk (manual)

·         Kartu garansi

·         SIM tray ejector

·         Unit smartphone

·         Stiker IMEI

·         Charger adaptor (10 Watt)

·         Kabel USB

Tidak ada yang istimewa dari paket penjualan yang diberikan oleh Vivo pada seri Y12i ini. Namun, kehadiran softcase dirasa sebagai sebuah keunggulan. Mengingat ponsel entry level di harga satu jutaan sudah mulai menanggalkan softcase dari paket penjualan guna memangkas modal.

2.     Desain

Setelah unboxing selesai, kebanyakan pengguna akan fokus pada unit atau smartphone itu sendiri. Oleh sebab itu, mari kita membahas mengenai desain atau penampilan awal dari unit Y12. Di bagian depan terdapat layar seluas 6,35 inci. Di bagian atas tengah layar terdapat notch atau poni kecil yang digunakan untuk meletakkan kamera depan.

Tak terdapat tombol fisik apa pun di bagian depan ini, tombol seperti home dan back berada di dalam layar. Hal ini sudah sangat umum dijumpai pada smartphone zaman sekarang. Desain seperti ini membuat tampilan depan tampak lebih bersih.

Beralih ke bagian belakang, Vivo seri Y12 ini memiliki dua pilihan warna, yaitu agate red dan mineral blue. Di sudut atas backdoor, Anda dapat melihat dua buah modul kamera yang disusun secara vertikal.

Sedangkan di bagian tengah terdapat sensor sidik jari. Bagian belakang ponsel ini terbuat dari bahan plastik dengan finishing mengkilap. Adanya gradasi warna membuat penampilannya terkesan elegan.

3.     Layar

Resolusi layar Vivo Y12i ini sudah HD+ dengan rincian 720 x 1544 pixel. Sedangkan kerapatan pixelnya mencapai 268 ppi di layar yang ukurannya 6,35 inci. Dari rincian tersebut saja sudah bisa disimpulkan bahwa grafis yang ditampilkan sudah sangat baik dan jelas untuk ponsel di level bawah.

Bezel yang dimiliki oleh Vivo seri Y12i sangat tipis, sehingga pengguna akan lebih leluasa dalam melihat semua konten yang tampak di ponsel. Sayangnya, layar di ponsel ini belum dilengkapi dengan perlindungan seperti Gorilla Glass. Jadi, Anda perlu menyiapkan perlindungan layar tambahan, seperti tempered glass ketika membeli Y12i ini.

Vivo memang sangat mengunggulkan sektor display di ponsel entry level yang satu ini. Namun, tak ada yang istimewa dari sisi layar maupun tampilannya. Hampir semua ponsel di kelas ini mampu memberikan kualitas display yang sama.

4.     Kamera

Ponsel ini dilengkapi dengan 3 buah kamera di bagian belakang dan depan. Kamera belakangnya memiliki dua buah sensor, yaitu kamera utama (13 MP) dan depth sensor (2 MP). Lagi-lagi, hasil foto yang dihasilkan dari kamera Y12i ini biasa-biasa saja meskipun tidak terlalu buruk.

Di kondisi cukup cahaya, kameranya mampu menghasilkan foto yang bagus. Namun, saat dipakai untuk memotret di tempat yang minim cahaya, hasilnya akan tampak begitu gelap karena tak memiliki low light mode. Kamera utamanya juga belum dilengkapi dengan stabilizer sehingga video yang dihasilkannya akan tampak bergoyang.

Ada beberapa mode yang didukung oleh kamera belakang Vivo Y12i, yaitu:

·         Panorama

·         HDR

·         Slowmotion

·         Filter

·         Timelapse

Kamera depan Y12i memiliki resolusi 13 MP, cukup baik untuk dipakai selfie atau swafoto. Namun, kamera ini tak mendukung efek bokeh seperti smartphone kekinian lainnya. Kekurangan ini ditutupi dengan hadirnya AI face beauty. Ponsel ini bisa mendeteksi usia pengguna dan memberikan efek mempercantik sesuai dengan usianya tersebut.

Baik kamera depan atau belakang dari Y12i, mampu menghasilkan video dengan resolusi 1080p atau Full HD.

5.     Performa

Vivo tipe Y12i dilengkapi dengan RAM 3 GB dan memori internal sebesar 32 GB. Jika Anda masih merasa kurang dengan kapasitas memori yang disediakan, ponsel ini bisa ditambah dengan MicroSD. Processor atau SOC-nya sudah menggunakan Snapdragon 439 yang sudah cukup tinggi untuk Android entry level.

Sebenarnya Y12i sudah sangat cukup untuk aktivitas sehari-hari seperti social media, email, dan bermain game ringan. Namun, Anda sebaiknya jangan berharap bahwa ponsel ini dapat dipakai untuk game-game berat seperti PUBG dan CODM.

Meskipun Anda masih bisa memainkannya, penyimpanan di ponsel ini cukup kecil, sehingga memori akan mudah penuh ketika install game tersebut.

Satu hal yang menjadi kelemahan dari ponsel ini adalah sistem operasinya. Ponsel ini masih menggunakan Android 9 (Pie) yang dibalut dengan Funtouch OS. Sementara ponsel lainnya sudah menggunakan Android 10.

6.     Baterai

Ponsel Vivo yang satu ini bisa dipakai seharian penuh, bahkan bisa lebih dari itu jika Anda tak begitu sering memakainya. Ketahanan tersebut didapatkan dari baterai berkapasitas 5000 mAh. Sayangnya, ponsel ini masih belum memiliki teknologi fast charging, sehingga proses pengisian daya akan terasa sangat lama.

Harga Vivo tipe Y12i

Vivo menjual ponselnya di berbagai marketplace dan outlet offline, salah satunya adalah Bhinneka. Marketplace ini menjual ponsel Vivo secara resmi sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai masalah orisinalitas serta garansi.

Di Bhinneka.com, Anda tak hanya bisa berbelanja gadget seperti smartphone Vivo. Marketplace ini juga menyediakan banyak sekali produk keperluan sehari-hari dan bisnis. Kalau Anda ingin melakukan pembelian produk dalam jumlah besar, Anda bisa mendapatkannya dengan harga khusus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HP Vivo Y12i : Spesifikasi dan Review Lengkap 2020"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!