cara memunculkan tanda bulat pada brush di photoshop

Cara mengembalikan tanda bulatan di Photoshop - bagi Sobat aziscs1 yang sudah mahir photoshop mungkin artikel ini tidak perlu dibaca karena pasti kalian sudah mengetahuinya. Tapi Bagi Sobat yang masih pemula terutama yang baru mencoba menggunakan photoshop Mungkin juga anda bertanya-tanya kenapa tanda bulatan yang ada di adobe photoshop tiba-tiba hilang. Mengapa tool untuk mewarnai photo atau image menjadi tidak terlihat, Bagaimana sih ya cara menampilkan lagi  tanda bulatan di photoshop ?, Icon brush photoshop yang bulatan kok hilang? Dimana letak brush tool photoshop? kenapa tanda bulatan diphotoshop berubah jadi tanda + (tanda Plus ada titik di tengahnya) Mari kita pelajari lebih lanjut :
 cara memunculkan tanda bulat pada brush photoshop
Ilustrasi tanda bulatan yang hilang di Photoshop

Brush Tool photoshop seperti halnya Tool yang lain memang sangat penting. Tool ini berguna untuk memberi pewarnaan atau area penghapusan sebagian atau seluruh foto (tergantung kebutuhan)  yang akan kita edit. Karena begitu pentingnya brush tool photoshop, maka kita akan menjadi terhambat ketika tiba-tiba Tool ini hilang. Maksud saya yang hilang adalah bukan icon pada Tool Box-nya namun Icon atau gambar tanda bulatan photoshop yang ada pada kursor kita berubah jadi tanda + (tanda Plus ada titik di tengahnya).


Secara dasar tampilan kursor brush photoshop terlihat sebagai garis yang berupa lingkaran (Basic brushes). Namun bentuk garis melingkar dari ini bisa kita atur menjadi bentuk kotak (Square) atau yang lainnya sesuai dengan kebituhan atau sesuai dengan keinginan. Selain bentuk basic kita bisa mengubah brush dengan beberapa pilihan antara lain : Assorted Brushes, Calligraphic Brushes, Drop Shadow Brushes, Wet media brushes, faux finish brushes, natural brushes, Special effecr brushes, Thick heavy brushes, Dry media brushes, dan lain-lainnya.

Nah bagaimana cara mengembalikan brush photoshop yang hilang (icon pada kursornya) ? Jawabannya kita harus mengerti dahulu penyebabnya. Paling tidak ada 2 penyebab sehingga tool ini tak nampak :
  1. Secara tidak sengaja kita memencet atau menekan tombol Caps Lock pada keyboard kita.
  2. Ukuran Brush photoshop relatif terlalu besar terhadap photo atau gambar yang kita edit. Biasanya hal ini terjadi ketika kita melakukan cropping photo yang relatif berukuran besar lalu kita crop menjadi relatif sangat kecil sehingga ukuran brush menjadi relatif besar terhadap
Setelah mengetahui penyebab hilangnya tool photoshop pewarnaan ini maka cara mengatasi hilangnya brush ini cukuplah  mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya  :
  1. Matikan Caps Lock pada keyboard kita dengan cara memencet atau menekannya. Bila belum kelihatan maka lakukan langkah nomor 2 di bawah ini.  cara memunculkan tanda bulat pada brush photoshop
  2. Kecilkan ukuran brush dengan cara Click to open the brush preset picker lalu geser slider pada Master diameter ke kiri. Atau dengan cara yang lain. Untuk langkap cepat maka tekan {  beberapa kali hingga brush photoshop menjadi nampak kembali lagi.

Tulisan  cara memunculkan tanda bulat pada brush photoshop ini  merupakan pengalaman saya sewaktu baru mengenal program adobe photoshop yang pada saat itu saya benar-benar kebingungan untuk mengutak-atiknya. Semoga membantu.

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to " cara memunculkan tanda bulat pada brush di photoshop"

  1. Met kenal Bang Azis, makasih banget ats artikelnya yg sangat membantu bg saya. Emang selama ini saya sering mendapat hambatan dlm menggunakan photo soft,maklumlah msh sbg pemula. Dng adanya artikel dari anda saya merasa terbantu...sekali lg terima kasih sobat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. erimaksih juga sudah membaca artikel saya, salam kenal juga

      Delete
  2. Terimakasih atas artikelnya,..saya merasa terbantu.

    ReplyDelete
  3. Thanks bgt gan, akhirnya gua ngerti setelah bertahun2 kenapa bisa ilang tanda buletnya

    ReplyDelete
  4. Saya Bingung pas lingkaran nya hilang, hahaha dan ternyata kepencet capslock , terima kasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. ya ampun, jadi cuma tekan caps lock aja toh?? selama ini bingung nyari caranya... hehehehe.. terima kasih banyak yaaaa tipsnyaaa..

    ReplyDelete
  6. terimakasih, sangat membantu, hal sepele yang mempuat pemula menjadi bingung

    ReplyDelete
  7. makasiiih... sangaat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimaksih juga sudah membaca artikel saya

      Delete
  8. terima kasih bang atas artikelnya. Artikelnya sangat membantuku dalam memunculkan bulatan tool eraser.

    ReplyDelete
  9. udh bertahun² tahux hanya capslock. anjiirrr. dl kl ilang ane restart dl laptop.. wkwk

    ReplyDelete
  10. Bagus teruskan menyelesaikan masalah yg sering dialami ediitor pemula kak

    ReplyDelete
  11. aduh trima kasih, tipsnya, sangat berguna

    ReplyDelete
  12. jazakallahu khair

    ReplyDelete
  13. makasih
    sangat membantu

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!