Resiko Memakai Domain co.cc

co.cc tidak gratis? hati ini serasa terpukul.. padahal blog ini sudah mendapatkan trafik yang signifikan.. sekitar 100 visitor perhari dan lebih dari 250 pageview perharinya.. Alexa trafic ranknya pun dah nyampai 1 jutaan, hal ini membuat dilema bagiku saat mendapatkan kenyataan bahwa domain / subdomain co.cc ini adalah tidak gratis. ternyata kita harus bayar $3 pertahunya untuk perpanjangan setelah tahun pertama. berikut ini adalah fakta-fakta yang kudapat tentang domain co.cc

dari http://pintunetter.com/2009/01/21/982/
Benarkah WWW.CO.CC itu Ternyata Tidak Gratis?

Sebenarnya ulasan ini sudah saya buat draftnya sebelum situs ini berganti domain (dari domain gratisan co.cc ke domain berbayar dotkom). Pengennya sih saya posting ketika situs ini masih menggunakan domain co.cc – tapi berhubung ada sedikit masalah pada saat itu, jadi ngendon deh opini ini :-)

Tapi belum terlambat kan kalau saya posting sekarang? hihi. Masalah penting nggak penting, biarlah pembaca yang menilai.

Berawal dari sebuah komentar pada salah satu postingan di blog saya (yang cukup bikin saya kaget). Komentar tersebut ditulis oleh Mas Manggis (salah satu alumni PintuNet.com). Intinya dia sharing tentang resiko penggunakan domain gratisan co.cc sebagai domain untuk blog utama. Maklum, blog saya tersebut menggunakan domain ini (dengan hosting blogger).

Inti dari pesan Om Manggis begini : ada kemungkinan setelah situs yang menggunakan domain co.cc mulai populer, bertrafik tinggi, dan punya page rank yang bagus – maka domain situs tersebut akan dijual oleh pihak co.cc.

Nah, nggak mau kan kalo saat blog kita mulai tenar-tenarnya, eh…tiba-tiba aja diembat atau dieksekusi oleh pihak co.cc. Apa nggak kesal tuh? Udah susah payah membangun dan mengembangkan blog/web selama beberapa bulan, eh…tau-taunya amblas begitu aja.

Banyak sekali situs web atau blog berdomain co.cc yang menjadi korban, walaupun penyebabnya masih kurang jelas dan perlu diteliti lebih lanjut. Coba saja anda googling dengan keyword ”this domain is under examination”. Hasilnya, ada ribuan web/blog yang jadi korban.

Apakah blog saya juga menjadi korban? Tidak sih. Mungkin belum saja. Tapi sebelum terlambat, saya putuskan saja untuk tidak lagi menggunakan domain co.cc ini buat blog saya. Kembali ke subdomain blogger deh :-) Itu jauh lebih aman. Tapi resikonya, blog saya harus mulai dari nol lagi deh (kayak bayi yang baru lahir jadinya..hehe).

Namun ada beberapa kemungkinan lain di balik banyaknya pengguna domain co.cc yang merasa dirugikan. Bisa saja karena isi (konten) blog/webnya melanggar TOS yang telah ditetapkan oleh pihak co.cc. Beberapa situs yang di-examination oleh pihak co.cc adalah situs iklan. Setahu saya, pengguna domain co.cc tidak diperbolehkan memuat atau memasang iklan (teks/banner) pada webnya (selain iklan co.cc). Sama halnya dengan salah satu TOS pada layanan hosting gratis dari situs 000webhost.com

Intinya, jika anda ingin serius membangun dan mengembangkan blog (serius ingin ngeblog untuk kepentingan jangka panjang), lebih baik jangan menggunakan domain gratisan co.cc ini untuk blog utama. Gunakan saja subdomain dari blogspot, wordpress, multiply, atau blogdetik. Itu jauh lebih baik dan lebih aman. Toh, sama-sama gratis kan? hehehe (walaupun nama blog kita jadi lebih panjang karena ditambah embel-embel domain induk dari blogspot/wordpress/multiply/blogdetik).

Buat anda yang ingin membangun sebuah website untuk kepentingan bisnis online (misalnya situs iklan atau situs presell-page yang memuat banyak banner), lebih baik tidak menggunakan domain co.cc juga. Begitu pula buat anda yang ingin mendirikan situs komunitas atau situs forum semacam Pintunetter ini. Lebih baik gunakan domain berbayar seperti dotkom atau dotnet karena sama sekali tidak beresiko dieksekusi atau dilego.

Jadi, keputusan alidmin untuk beralih ke domain berbayar dotkom adalah sebuah keputusan yang sangat tepat

dari http://tutorial-website.blogspot.com/2009/06/benarkah-wwwcocc-itu-ternyata-tidak.html?showComment=1244274751195#c9089680356093670327
Benarkah Domain CO CC Beresiko dan Bermasalah ???

Apa kabar semuanya? Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai perihal yang menjadi judul postingan ini, saya ingin menyampaikan permintaan maaf kepada pembaca karena sudah cukup lama tidak meng-update isi blog ini dan membalas komentar-komentar yang sudah masuk. Hal ini dikarenakan kesibukan saya di organisasi himpunan mahasiswa di kampus saya. Sejak Jumat 29 Mei ’09 s.d 3 Mei ’09 kemarin saya harus ikut dalam kegiatan pelaporan pertanggungjawaban BPH organisasi saya tersebut, dan kebetulan saya masih menjadi senat mahasiswa di jurusan tersebut yang mana harus mengevaluasi kinerja mereka sehingga harus hadir terus menerus. Sengat lelah rasanya. Tapi gpplah, yang penting bisa memberikan yang terbaik, dan sejak tanggal 3 Mei ’09 tersebut saya resmi untuk tidak menjabat sebagai anggota senat mahasiswa lagi.

Well, back to topic. Co.cc merupakan sebuah provider yang menyediakan layanan free domain bagi pemilik website. Hal ini sudah saya bahas secara lengkap di sini. Pada postingan tersebut saya menyebut bahwa domain yang diberikan tersebut adalah gratis (free domain). Namun, saya juga sempat menyinggung bahwa layanan free domain dari Co.cc tersebut terbatas. Nah, benarkah seperti itu? Berarti Co.cc tidak gratis donk?

Jika dikatakan domain Co.cc tidak gratis, ada benarnya namun ada juga salahnya. Bagi saya domain Co.cc adalah gratis namun hanya 1 tahun. Toh itu sudah bisa dikatakan bersifat gratis. Selama kita menggunakan domain Co.cc tersebut selama 1 tahun pertama, adakah kita membayar sejumlah uang untuk memakainya? Jika tidak, berarti itu adalah free domain selama 1 tahun tersebut. Lantas bagaimana seterusnya? Setelah 1 tahun, domain tersebut akan expired. Namun, kita masih bisa menggunakan domain Co.cc tersebut asalkan kita membayar sebesar US$ 3.

Sebenarnya sedikit kecewa juga dengan layanan seperti itu, apalagi jika kita sudah terlanjur menggunakan domain dari Co.cc tersebut. Jika ternyata ujung-ujungnya membayar, alangkah lebih baiknya membeli domain bayar yang lain dari awal yang berakhiran .com maupun yang lainnya. Namun, harga yang ditawarkan oleh Co.cc lebih murah dibandingkan dengan harga domain berakhiran .com yang sekarang ini harganya masih berkisar US$ 9 – US$ 10. Namun, jika pembaca tetap juga tidak berminat, mungkin ada baiknya mencari dan mencoba domain murah lainnya.

Silahkan pembaca pertimbangkan sebelum menggunakan layanan domain Co.cc tersebut. Jika ternyata Anda merasa berat untuk membayar dikemudian hari, mungkin domain Co.cc tersebut sebaiknya tidak Anda gunakan sebagai domain utama yang Anda publikasikan ke khalayak ramai. Sebab jika Anda memutuskan untuk mengganti dengan domain baru, maka Anda akan bekerja lebih ekstra lagi untuk mempromosikan domain baru Anda. Saya sendiri menggunakan domain Co.cc tersebut hanya untuk mencoba-coba saja.He3x.

dari http://toserblog.co.cc/me-blog/hati-hati-domain-cocc-itu-bukan-domain-gratis.html#comment-762

Hati-Hati, Domain .co.cc Itu Bukan Domain Gratis

Aku yakin semuanya sudah pada tahu dengan domain (atau kalau aku nyebutnya subdomain) .co.cc itu. Sebuah domain yang diregister oleh seseorang yang berasal dari Korea Selatan bernama Kim Jong Sung (lihat who is). Top level domain (TLD) domain ini, yakni .cc harganya sekitar $ 35 USD pertahun.

Indonesia merupakan pengguna terbesar subdomain .co.cc ini (baca di sini, di sana, di sono). Kenapa bisa Indonesia? Bisa ditebak, karena di negeri ini banyak yang suka gratisan. Tapi, apa benar subdomain yang mempunyai keunggulan untuk bisa setting DNS dan MX sendiri ini gratis dan benar-benar gratis?

Ternyata tidak kawan. Salah besar kalau selama ini banyak yang bilang subdomain (yang bisa digunakan layaknya sebuah domain) ini gratis. Kalau kita memilih key yang nice, misalnya Indonesia.co.cc, maka di sana akan tertampang $12 untuk register setahun. Itu dari register nama-nama yang bagus. Terus, untuk nama-nama yang tertampang gratis? Yang gratis untuk register setahun pertama. Misalnya saja toserblog.co.cc, ini aku dapatkan gratis selama setahun. Setahun berikutnya? Lha ini dia yang bermasalah.

Coba amati skrinsut dibawah ini:

Domain co.cc
-> gambar yang lebih besar $3
2 tahun => $5
3 tahun => $7
4 tahun => $9
5 tahun => $10

Sudah? Sekarang ada yang berani bilang kalau ini domain gratis?

Aku sendiri sempat diskusi dengan beberapa teman tentang ini dan hubungannya dengan data pengguna terbanyak di Indonesia. Salah satu teman ada yang bilang, “Mungkin selama ini kita dan orang-orang Indonesia itu jarang ada yang baca TOS. Tahu gratisan, TOS langsung disetujui”. Tapi ternyata, barusan aku cek TOS-nya, kok aku gak menemukan kalimat yang menyatakan bayar untuk perpanjangan. Atau mungkin aku yang gak bisa berbahasa Inggris kali ya? (Kalau ada yang menemukan, mohon share di sini).

So, buat kalian punya akun di sini (termasuk aku), siapkan saja dana min. $3 jika masih ingin memiliki domain ini. Jangan kecewa ya? Walaupun kita sering lihat iklan adsesne kayak gambar di bawah ini:
iklan co cc

Ok, sementara itu saja dulu. Mudah-mudahan bermanfaat.
KEEP BLOGGING!

dari http://blog.ibnux.net/menu-art-id-149-judul-Domaincocchanyagratissetahun.htm
Domain co.cc hanya gratis setahun

setelah mendapatkan pesan dari byethost yang mengatakan bahwa web ibnux tidak pernah dikunjungi lagi dalam sebulan ini.
ibnux pun merasa aneh.
begitu dibuka domain www.ibnumaksum.co.cc
ternyata mengarah ke domain lain yg merupakan rekan co.cc

lalu ibnux masuk ke situs co.cc
dan ternyata domain sudah expired (habis masa aktifnya)
ada tombol renew, begitu di klik ternyata harus mengisi form pembayaran

jadi ternyata gratisnya hanya setahun
tapi jika anda menyumbang sejumlah uang untuk co.cc
anda boleh menggunakan domain untuk seumur hidup
bahkan boleh memiliki banyak domain di co.cc

tapi yang aneh di co.cc memberikan juga web jualan dengan domain cc.cc
jadi jika anda memiliki domain co.cc seperti ibnux.co.cc
jika mengakses ibnux.cc.cc maka web penjualan yang muncul
anda bisa berjualan disitu

dari http://www.retarixsite.co.cc/2009/05/dot-cocc-ga-gratis-lagi.html

Dot Co.Cc ga Gratis Lagi

Disini saya cuma ingin menginformasikan tentang domain Dot.co.cc. Buat temen-temen yang menggunakan domain Dot.co.cc ternyata sekarang udah ga gratis lagi. Mungkin udah ada temen-temen yang tau, tapi kalo saya pribadi baru tau kalo ternyata domain ini gratisnya hanya setahun, waktu saya mengunjungi situs Dot.co.cc, tepatnya seminggu yang lalu..maap kalo baru di posting, setelah saya login dan melakukan manage domain, ternyata di atas tabel domain saya ini ada kata-kata Expires on: 2010-01-14. kemudian saya langsung menanyakan ke costumernya, dengan pertanyaan,,Apakah domain saya ini gratis selamanya? Berselang kurang lebih kira-kira 3 jam, ada email masuk dari Co.Cc yang isinya seperti ini…

Dear Sir, or Madam,
Thank you for contacting us and using our service.

Our free service is available for only a year.
If you want to keep the free domain after a year, you should pay for it.
The renewal cost is $3 for each co.cc domain a year.

Best Regards,
CO.CC Service

Yang intinya, Dot.co.cc emang menyediakan domain gratis, tapi hanya dalam setahun dan jika kita tetap menginginkan domain itu, maka kita harus membayar $3 dalam setahun. tapi ga tau domain-domain yang lainnya…!

Untung ja saya udah menyiapkan dana itu hehehe…tapi sebelumnya sich ga kepikiran untuk domain ini,,yah ga apa2 dech..

Tapi kalo ada info lain tentang domain gratis ini, tolong informasikan yak…!

dari http://www.yasmara.web.id/2009/04/omong-kosong-domain-cocc-tidak-gratis.html
Omong Kosong, Domain co.cc Tidak Gratis!

Sangat sering saya ketahui banyak blog mengkampanyekan domain gratis co.cc. Mereka tertarik karena katanya gratis dan bisa menghasilkan dollar. Bagi mereka yang culun tentu saja matanya langsung ijo, gratis ditambah dapat dolar, yang newbie pasti termehek-mehek. Nah gue kasih informasi bahwa domain co.cc gratisnya hanya setahun, setelah itu domain itu menjadi hak pemilik. Bukti bahwa domain co.cc bisa anda lihat di screenshoot di bagian kiri. Namun menurut gue, gratis setahun ini tidak sebanding dengan kerugian yang kita dapat.

Kerugian menggunakan domain co.cc:
1. Waktu setahun cukup bagi blogger untuk menjadikan blog co.cc mendapatkan pagerank dan trafik yang cukup lumayan. Nah kalau sudah begitu tiba-tiba blog kebanggaan anda tidak bisa anda akses. Anda hanya bisa melihat blog anda tapi tidak bisa menyentuhnya. Nangis bro..

2. Poin nomer satu bisa terjadi karena pemilik asli domain co.cc tidak transparan mengenai hal ini. Yang mereka promosikan adalah gratis yang kesannya adalah gratis selamanya. Ini ditambah dengan janji dan iming-iming dolar.

Nah sekarang terserah kalian bro. Menurutku segera aja ganti tuh domain co.cc anda. Cari yang bener-bener aman bro. Terus jangan pasang baner afilisasi mereka, karena ini sama dengan menjerumuskan teman sendiri.

dari http://www.rogustra.co.cc/2009/05/dilema-free-domain-cocc.html
Dilema Free Domain CO.CC

Hampir dua minggu saya tidak posting.. Karena saya sibuk mencari tahu (bukan tahu yang biasa kita makan) mengapa blog ini tidak dapat diklaimkan ke Technorati, jadinya blog ini terbelengkalai :sorry: Sebelumnya saya pernah mencoba mendaftarkan blog ini ke Technorati, tapi apa yang saya tunggu-tunggu tidak membuahkan hasil. Sempat terlintas di kepala saya apakah blog ini mengandung kopasan atau malware dan kawan-kawan didalamnya sehingga blog ini ditolak Technorati atau spam atau…… Sampai pusing saya mencari penyebabnya.

Selidik punya selidik ternyata penyebabnya adalah domain co.cc ini.

Lha bukannya domain co.cc ini termasuk domain gratis yang bagus?
BETUL sekali domain co.cc termasuk domain gratis yang terbilang bagus.

Lalu kenapa blog ini malah ditolak Technorati padahal memakai domain co.cc?
Begini, setiap produk apapun itu punya sisi lemah dan kekurangannya. Nah, penyebabnya ada pada domain co.cc ini. Jujur saja saya belum mengetahui alasan Technorati menolak domain ini. Tapi apa yang saya alami ini juga pernah dialami oleh ateonsoft. Silahkan baca kisah ateonsoft di sini.

Apalagi kelemahan domain co.cc?

1. Ranking alexa yang tidak benar karena alexa menilik dari induknya co.cc bukan pada domain gratisannya (subdomainnya). Tetapi itu dulu, sekarang subdomainnya telah ditilik oleh alexa atau istilah kerennya subdomain co.cc memiliki ranking alexa independen alias berdiri sendiri sehingga ranking alexa murni pada subdomainnya bukan pada induknya tepuktangan.

2. Domain gratisnya hanya 1 tahun (nothing is free in this world).

Apakah domain CO.CC ini layak pakai?
Layak. Jika anda serius dengan blog anda atau lebih tepatnya blog utama anda, saya menyarankan domain ini lebih baik dipakai pada dummy blog bukan pada blog utama anda.

Sebetulnya ada tidak domain gratis lain selain co.cc?
Ada dan banyak. Contohnya: freepremiumdomain.com | freedomain.co.nr | dot.tk dan masih banyak lagi.

Nyesel?
Sedikit. Hanya dua hal yang disesalkan. Pertama, itu tadi tidak bisa mengkalim blog di Technorati. Kedua, gratisannya cuma setahun. Ya iyalah ya “nothing is free in this world”.

Hiks nangih dilema free domain co.cc membuat kepala pusing tujuh keliling :ayokona:. Jika saya mengganti alamat blog ini ke asalnya yaitu rogustra.blongspot.com kayaknya kudu daftar ulang ke SE lagi :takot:. Kalo soal konfirmasi perubahan alamat blog ke teman-teman sejagat (emangnya angkasa) memang sudah resiko yang mau tak mau harus dijalankan.

Oleh karena itu, saya minta pendapat pada teman-teman, apakah saya perlu mengganti alamat blog saya ini menjadi rogustra.blogspot.com ini kembali atau tidak. Mohon pendapatnya yah…

dari http://www.ateonsoft.com/2008/10/cocc-bangsat.html
co.cc Bangsat

Maaf kalau judulnya kasar banget, tapi itulah yang ingin kukatakan. Link referral di blog ini untuk “co.cc” juga sudah kubuang dari blog ini. Biar ga dapet dolar juga gapapa dari “co.cc”. Lho lho ada apa ini??

Terus terang sebelum saya pakai dimain yang sekarang saya pakai domain dari “co.cc” yaitu ateonsoft.co.cc. Saya tidak tahu apakah karena ada pemakai email dengan domain ini mendaftar ke “co.cc” sehingga tiba-tiba domain saya dibunuh (baca: dibanned). Sudah capek-capek cari linkback, capek-capek posting dll sampai PR 2 eh sekarang mati. Karena saya masih sayang dengan domain tadi maka saya kejar terus sehingga sampai 3 kali saya daftarkan dengan nama dan alamat email berbeda tapi hanya bertahan aktif satu hari. Setelah itu kalau diakses akan muncul seperti gambar dibawah ini:

Nah capek rasanya…. padahal inginnya meredirect ke alamat baru ini.

Apa yang saya alami ini bisa dijadikan pelajaran bagi semua kawan-kawan yang sekarang masih memakai alamat gratisan tersebut. Kalau memang kamu serius ngeblog sebaiknya jangan pakai domain itu lagi, masih bagus pake subdomainnya blogspot, kalau ga siap-siap aja kamu kehilangan semuanya.

Tapi mungkin tidak kalau kita memberi donasi pada “co.cc”, saya sebenarnya sudah mau kasih donasi, tapi account paypal saya masih belum aktif, mau bayar via bank gimana caranya, daripada ribet beli domain aja di RUMAH WEB bayar pakai BCA beres.

Kalau mau tahu lengkap kekurangan domain “co.cc” diantaranya dibawah ini:

* Ditolak jika diclaim-kan ke technorati
* Rangking alexa bohongan (karena yang dirangking adalah induk domainnya “co.cc”)
* Jelek (he..he.. karena mangkel)

Tapi kalau hanya untuk belajar sich gapapa, biar aja sekalian domain “co.cc” hanya digunakan untuk blog dummy semua, misalnya mau belajar untuk hosting gratis di 000webhost.com dengan domain bangsat gratisan co.cc

Masih mau meneruskan pake “co.cc”. Silahkan itu hak anda, siap-siap aja sakit ati

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Resiko Memakai Domain co.cc"

  1. Batal deh acara ganti domain wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Numpang comment y, makasih aq jdx udh tw untung aja aq blum msukkan ke bloggerq!

    ReplyDelete
  3. sebaiknya kalau kt pengin mengola blog, harusnya cari domain berbayar daripada kendian hari resikonya, atau gunakan blogspot saja, kan jangka waktu tak terbatas, hahaha..

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!