Jenis-jenis Error Pada kamera DSLR Nikon Dan Solusinya

Cara mengatasi kamera errorJenis-jenis Error Pada kamera DSLR Nikon Dan Solusinya - Sebagai orang yang sering berkutat dengan Kamera pasti kita Sering mengalami dimana pada Kamera kita muncul pesan Error. Nah pada postingan kali ini saya akan Membahas macam-macam pesan Error Pada kamera DSLR Nikon. seperti Nikon D3000, D5000, D40/D40x, D60, D80, D90, D300/D300s, D700, D3 maupun D3s menampilkan pesan error spesifik saat muncul masalah didalam kamera.Saat sebuah pesan error muncul, sebenarnya itu adalah niat baik dari produsen kamera untuk mengurangi kebingungan dan membantu anda memecahkan masalah yang muncul, jadi jangan panik.

Berikut beberapa Cara Mengatasi ERROR pada Kamera DSLR Nikon ::


Pesan “Err” yang Berkedip

Saat melihat pesan tersebut muncul di panel LCD atas maupun bagian belakang, itu menunjukkan adanya fungsi kamera yang tidak normal. Bukan berarti kamera-nya jelek. Error ini muncul lumayan sering pada kamera DSLR Nikon gres yang kadang antar koneksi elektronisya mengandung minyak dari proses manufakturing. Dan pesan “Err” ini lumayan mudah disembuhkan.

Yang perlu anda lakukan adalah mematikan kamera, melepas lensa dan membersihkan sambungan kontak antara kamera dan lensa dengan lap bersih dan kering. Kalau setelah itu pesan “Err” masih muncul, coba lepaskan batere lalu pasang lagi. Kalau setelah langkah ini pesan “Err” masih muncul, jangan panik, bawa kamera anda ke service center Nikon.

Pesan “fEE” Berkedip

Pesan ini hanya muncul saat kita menggunakan lensa generasi tua seperti Nikon 50mm f/1.4D yang dilengkapi ring aperture dan ring tersebut tidak diset di posisi aperture minimum. Saat mengganti lensa, mungkin secara tidak disengaja anda memutar ring aperture pada lensa, sehingga memicu pesan error.
Solusinya adalah dengan memutar ring aperture pada posisi f-angka terbesar (bukaan minimum), seperti pada f/16 pada lensa diatas.

Pesan Segitiga dengan huruf “F”

Saat anda melihat sebuah segitiga kecil yang diikuti huruf “F”, ini artinya kamera tidak bisa mendeteksi keberadaan lensa. Jika saat ini lensa sudah terpasang, coba pastikan posisi lensa sudah terpasang dengan benar dan terkunci dengan baik. Coba juga untuk melepas lensa dan lalu memasangnya lagi sampai pesan tersebut hilang.

Pesan (-E-) Yang Terus Menerus

Ini artinya memory card tidak ditemukan di kamera. Kalau anda yakin memory card sudah terpasang, coba keluarkan dan pasang lagi lalu amati hasilnya. Coba juga gunakan memory card lain siapa tahu memory card yang ini sudah ngadat. Jika pesan terus muncul bagaimanapun anda mengatasinya, ada kemungkinan koneksi dudukan pin memroy card didalam sudah bengkok atau rusak. Kalau ini yang terjadi, mau tidak mau anda harus membawanya ke service center.

Pesan “CHA/CHR” Berkedip

Pesan error ini mengindikasikan adanya masalah denga memory card. Penyebab utama pesan ini muncul adalah saat kita mengimport foto dari memory card ke komputer, kit lalu menghapusnya lewat komputer dan bukan memformatnya di kamera. Menghapus file tanpa memofrmat bukanlah langkah yang tepat, dan banyak kamera DSLR menjadi bermasalah dengan ini.

Hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan memformat memory card di kamera dan bukan di komputer. Kalau anda tidak tahu cara memformat meory card di kamera, baca manual kamera anda.


"Information" icon error message. Jika Anda melihat "i" di lingkaran, menunjukkan salah satu dari tiga kemungkinan . Pertama, baterai habis, cobalah mengisinya. Kedua, kartu memori mungkin penuh atau terkunci. Ketiga, kamera mungkin telah mendeteksi bahwa salah satu subyek foto berkedip saat foto itu ditembak, memungkinkan Anda untuk menembak foto lagi.

Shutter Release Error.  dengan kamera DSLR Nikon menunjukkan shutter release macet. Periksa tombol rana untuk setiap benda asing atau kotoran lengket yang bisa merekat pada  tombol rana. Bersihkan tombol dan coba lagi.

This Image Cannot Be Deleted error message. Gambar yang Anda coba untuk di  hapus telah dilindungi melalui perangkat lunak dalam kamera. Anda akan perlu untuk menghapus label perlindungan dari gambar sebelum Anda dapat menghapusnya.
 


Itulah beberapa Solusi Untuk mengatasi Error Pada kamera DSLR Nikon, Semoga beranfaat buat Fotografer Semua. Salam Jepret....

Subscribe to receive free email updates:

35 Responses to "Jenis-jenis Error Pada kamera DSLR Nikon Dan Solusinya "

  1. gan kalo boleh nanya...ane pake D5000 bermasalah..shutter speed-nya sangat lamban kalo tombol rana dipijit kadang perlu 2detik untuk terjadinya shutter atau bs lbh dari 5detik di pencahayaan kurang, ane sdh utak-atik setelan kecepatan rana dan bukaan tp masih tetep aja...mudah2an agan bisa kasih pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba settingan kamera ubah kemanual dan atur Speednya

      Delete
  2. saya mau nanya, master.. saya punya kamera nikon D60 lampu LCD nya g hidup, terus saya periksa flekibelnya bagus, jd tolong dong master infonya..

    ReplyDelete
  3. saya mau nanya boleh dong.. saya punya nikon d60, lampu LCD nya mati.. sudah saya coba cek fleksinya bagus konektornya bagus.. bisa bantu saya ya master..

    ReplyDelete
  4. Kalo lampu LCD mati biasanya kerusakan pada jalur tegangan ke LCD terputus itu bisa disebabkan IC pembagi tegangan yang rusak atau jalur fleksibelnya putus. untuk kabel felsibelnya agak susah untuk dicek jd lbh baik diganti aja langsung

    ReplyDelete
  5. permisi gan,. saya mau nanya, Saya pengguna nikon d90 n masi pemula, sekarang sedang ada masalah, yaitu on off tidak bisa dimatikan. Setiap kali tombolnya di geser ke off, sebentar kemudian layar monitor yang di bagian atas body hidup. Bahkan kadang-kadang di off kan tetap saja tidak bereaksi alias tetap hidup saja. tp kamera masi bisa di gunakan alias normal, mohon pencerahan.. makasi..

    ReplyDelete
  6. Sinyo : kemungkinan besar Switch On Off nya yg rusak, biasanya switchnya lengket jadi kamera selalu on

    ReplyDelete
  7. siang gan...
    nubie mau nanya nih :)
    Gimana cara mengatasi "command dial" bermalsah di nikon D3100 yah? soalnya "command dial" di kamera saya udah ga berfungsi lagi buat ngatur pencahayaan, speed dll apabila berada settingan manual..
    Mohon pencerahannya gan.. TKS

    ReplyDelete
  8. nanya gan... lcd belakang ssya tiba-tiba mati, d80 gan...
    tidak ada error fungsi lain berjalan normal...

    ReplyDelete
  9. Itu mungkin disebabkan LCD nya yg rusak atau juga rangkaian power penyuplai tegangan ke LCD yang terputus atau mati.

    ReplyDelete
  10. Cara memperbaiki file jpeg setelah ada pesan "CHA" pada kamera..
    Gambar yg semula JPEG berubah jadi NPG dan tidak bisa dibuka filenya
    Gimana cara memperbaiki file NPG tersebut agar bisa dibuka jadi JPG?

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum.. mohon solusi Bang. lampu hijau pada kamera dekat tombol delete bahwa kamera udah on, tp stlh saya on kan knp ya ga nyala, lepas pasang lensa udah. dan batrey-ny udah full. Kamera D40. mksh byk. by: Isqy kps.

    ReplyDelete
  12. Gan mau nanya nih nikon D3100 klo tombol setingnya macet gimana memperbaikinya.tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masalah tombol yg macet berarti itu sdh masalah hardware, kemungkinan tombolnya yg rusak, lbh baik bawa ke teknisi aja langsung, soalnya kalo bongkar sendiri bisa mlh tambah rusak karena itu hrs memang bnr2 ahlinya

      Delete
  13. numpang nanya ga ane bli Nikon D80 2nd saat d nyalain kluar err kedip2 trus lcd ga nyala,tp saat di -pke liat file ato menu lcd normal,klo di pke ambil gbr ga bs nge-save,mohon petunjuk gan makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan memorinya yg bermasalah, coba pake memori lain dulu

      Delete
  14. gan .. nikon d3100 saya kadang hang gbs dimatiin pdahal power udh off. trs saya copot baterai normal lgi tp kadang lcd kedip kedip gmn dunk

    ReplyDelete
  15. Mas azis
    Kamera nikon d40x saya bermasalah.
    Baterai kamera tidak mau copot, jadi tidak bisa diganti atau dicharge.
    Jadi baterai itu macet di tempatnya.
    Solusinya bagaimana ya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pengunci baterainya lengket jd ga bisa dilepas baterainya, kemungkinan ada bagian pada pengunci baterai yg lepas/patas sehingga pernya tidak berfungsi

      Delete
  16. permisi.. saya pengguna nikon d3100, kamera saya ini, bila di on-kan akan ada tulisan "kartu memori dikunci. geser kunci ke posisi -tulis-". itu ada apa ya? dan solusinya bagaimana ya? thanks before.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kartu memorinya dalam keadaan terkunci, coba lepas dulu memorinya dari kamera. pada bagian samping memori ada knok penguncinya, geser ke bawah untuk membuka kuncinya

      Delete
  17. Gan , mau tanya..
    saya kan ada kamera slr nikon d3100.. kenapa pas saya masukin memori nya ada tulisan "This Card is not formatted. Format the Card" itu kenapa ya gan ? padahal sudah saya format tapi tetep aja masih ada tulisan seperti itu .. Mohon pencerhaan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan itu kartu memorinya yg bermasalah, coba pakai kartu memori yg lain dulu

      Delete
    2. Kamera enggk keluar iso gmna gan solusinya nikon d3000

      Delete
  18. Gan mau tanya gmna ya cara mengatasi kamera nikon d3000 yang hilng iso nya

    ReplyDelete
  19. gimana betulin aperture nikon D3200 hanya bisa pake di setting terendah gabisa ditambah sama sekali dr f/5.6 sd f/22 f/30 pada setingan M dan A manual, setelah dishoot selalu muncul di display 'Press Shutter Release Again' dan gadapet hasil foto, pada setting lainnya sih normal auto P S sport night dst

    ReplyDelete
  20. Gan mau tanya ,saya pakai d3000 degan mode manual tapi Shutter speed nya berubah-ubah dan tanda ? Pada pojok kiri bawah kedip kedip terus ..kenapa

    ReplyDelete
  21. Gan ,saya pakai d3000 dalam mode manual tapi Shutter speed nya berubah-ubah kenapa ?

    ReplyDelete
  22. gan di layar icon tanda tanya(?) berkedip mulu itu tandanya apa ya

    ReplyDelete
  23. gan dilaya nikon d5300 muncul icon tanda tanya(?) berkedip mulu ..itu tandanya apa ya

    ReplyDelete
  24. Mau tanya gan, batere kamera Nikon D3100 saya gak bisa dicopot. Biasanya cukup ditekan dia melejit ke luar. Ini gak biasanya gak respon pernah. Mohon pencerahan solusinya gan supaya batere bisa keouar....trims gan..

    ReplyDelete
  25. Mau tanya kamera nikon D3300 err tp lcd mati.. gara2 ganti batre

    ReplyDelete
  26. Gan saya punya kamera nikon d3300 err layar blank hitam posisi sdh on

    ReplyDelete
  27. Gan kmr nikon d5100 gak bisa nyala. Klau di on kan cuma ada tanda batre berkedip. Mohon solusinya gan

    ReplyDelete
  28. d7100 saya gmbar kurang tajam

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!