Cara Membuat Blower Untuk Kandang Ayam Efektif

Cara Membuat Blower Untuk Kandang Ayam
Sumber: farm-poultry.com/Poultry_farm_Exhaust_Fan/

Saat seorang peternak memiliki anggaran yang terbatas, maka mengetahui cara membuat blower untuk kandang ayam menjadi hal tepat.

Apalagi keberadaan blower di dalam hunian ternak tersebut sangat penting untuk membantu sirkulasi udara dan menjaga suhu kandang agar tetap stabil.

Sebab sirkulasi dan temperatur udara stabil di dalam kandang dapat secara tidak langsung mengurangi risiko penyakit karena tempat yang terlalu lembab serta membantu meningkatkan produktivitas ayam.

Sayangnya, harga blower untuk kandang ayam ini seringkali cukup mahal sehingga cara mengakalinya adalah dengan membuatnya secara mandiri.

Namun sebelum mengetahui bagaimana cara membuat blower untuk kandang ayam yang efektif, yuk simak fakta-fakta mengenai alat pengatur sirkulasi udara ini terlebih dahulu!

Apa Keuntungan Blower di Kandang Ayam?

Blower memiliki fungsi yang sangat krusial dalam sebuah peternakan apalagi kandang dengan model tertutup.

Sebab iklim dan lingkungan di dalamnya hanya dapat berfungsi dengan optimal apabila dijaga oleh peternaknya dengan sangat baik.

Oleh karena itu, kehadiran blower ini menawarkan berbagai fungsi penting untuk kandang ayam sehingga perlu untuk Anda pasang, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Sirkulasi Udara

Keunggulan blower yang paling utama yaitu dapat membantu untuk mengalirkan udara segar ke dalam kandang dan mengeluarkan udara kotor yang terakumulasi ke lingkungan luar.

2. Menjaga Temperatur Kandang Tetap Optimal

Lingkungan di dalam kandang merupakan kondisi khusus yang dapat diatur kualitasnya oleh para peternak. Oleh karena itu, jangan biarkan suhu kandang terlalu panas maupun dingin karena dapat mempengaruhi kesehatan dan produksi telur ayam.

Hadirnya blower di tempat seperti inilah yang dapat membantu menjaga dan mengontrol temperatur dalam kandang supaya tetap optimal dengan selalu mengalirkan udara segar atau membantu mengeluarkan udara yang panas keluar.

Hal ini tentu akan membuat temperatur pada bagian kandang selalu berada dalam kondisi yang stabil.

3. Mengurangi Risiko Penyakit yang Merugikan

Tanpa adanya blower, tidak ada sirkulasi udara yang terjadi di dalam kandang. Hal ini tentu akan membuat bagian dalamnya menjadi lembab dan berbau sehingga berpotensi besar untuk mengembangbiakkan bakteri dan virus dapat tumbuh dengan mudah.

Bakteri dan virus ini dapat menyebabkan infeksi pada ayam sehingga dapat merugikan para peternak.

Dengan sirkulasi udara yang baik, blower dapat membantu mengurangi kelembaban dan bau kotoran ayam, sehingga mengurangi risiko penyakit pada ayam.

4. Meningkatkan Produktivitas Ayam

Terakhir, alat sirkulasi udara ini dapat membantu menciptakan kondisi lingkungan yang ideal untuk ayam.

Lingkungan semacam inilah yang akan meningkatkan produktivitas ayam dalam hal produksi telur dan pertumbuhan yang lebih sehat.

Sebab ayam tidak berada dalam kondisi yang tidak stress sehingga dapat hidup, beraktivitas dan berproduksi dengan lebih nyaman.

Cara Membuat Blower untuk Kandang Ayam Secara Mandiri dan Efektif

Cara Membuat Blower Untuk Kandang Ayam Efektif
Sumber: id.pinterest.com/pin/390194755184979217/

Memang, blower untuk kandang ayam menawarkan banyak manfaat. Sayangnya, harga blower tidaklah murah apalagi setiap kandang membutuhkan banyak blower agar tetap udara di dalamnya tetap terjaga.

Oleh karena itu, membuat blower secara mandiri dapat menjadi pilihan yang tepat selama alat dan bahan milik Anda sudah cukup lengkap. Supaya bisa bekerja dengan lebih efektif, berikut ini adalah cara membuat blower untuk kandang ayam yang perlu Anda lakukan!

Persiapan Alat dan bahan

Saat membuat blower mandiri, ada beberapa alat dan bahan penting yang wajib untuk Anda persiapkan, diantaranya adalah:

Bahan:

-          Motor listrik

-          Baling-baling atau kipas

-          Kabel listrik

-          Saklar on/off

-          Kotak listrik

-          Pipa PVC

-          Klem pipa

Alat:

-          Tang

-          Obeng

-          Bor

-          Mata bor

Langkah-Langkah Cara Membuat Blower untuk Kandang Ayam

Setelah alat dan bahan sudah siap, maka selanjutnya Anda sudah bisa memulai untuk merakit blower tersebut secara mandiri.

Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati agar tidak ada partisi yang tertinggal sehingga alat dapat dioperasikan dengan lancar. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pastikan motor listrik yang Anda gunakan memiliki daya yang cukup untuk menggerakkan baling-baling atau kipas yang Anda pilih. Jika tidak, Anda perlu mencari motor listrik yang lebih kuat.
  2. Pasang baling-baling atau kipas pada motor listrik. Pastikan keduanya terpasang dengan rapat dan kuat.
  3. Siapkan kotak listrik yang akan digunakan untuk menghubungkan motor listrik dengan saklar on/off dan kabel listrik. Lubangi kotak listrik untuk menghubungkan kabel listrik dan memasang saklar on/off.
  4. Hubungkan motor listrik dengan saklar on/off dan kabel listrik. Pastikan kabel terpasang dengan rapat dan kuat.
  5. Siapkan pipa PVC yang akan digunakan sebagai saluran udara. Potong pipa PVC sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan pasang klem pipa pada ujung-ujungnya.
  6. Hubungkan pipa PVC dengan baling-baling atau kipas yang sudah terpasang pada motor listrik. Pastikan pipa terpasang dengan kuat agar tidak mudah lepas.
  7. Pasang blower yang sudah jadi pada kandang ayam. Pastikan posisinya tidak mengganggu aktivitas ayam dan memberikan sirkulasi udara yang baik di dalam kandang.

Membuat blower sendiri juga menawarkan banyak keuntungan seperti hemat biaya, dapat merancang desain sesuai dengan kebutuhan, lebih mudah untuk diperbaiki sekaligus menambah kemampuan teknis mengenai alat-alat peternakan.

Akan tetapi, pastikan Anda memeriksa kembali semua koneksi dan pemasangan sebelum menggunakannya untuk memastikan keselamatan dan kinerja yang optimal.

Saat ini telah banyak toko online yang jual blower kandang ayam di Indonesia. Salah satu distributoralat peternakan ayam di Indonesia adalah UD. Inti Mustika. Disini tersedia berbagai peralatan kandang ayam close house dengan harga terjangkau.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Blower Untuk Kandang Ayam Efektif"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Kalian Terkait dengan artikel tersebut. Tapi ingat, No Live Link, No SPAM, No Pornogarfi, No SARA !!!